Mengadzani Si Kecil yang baru lahir merupakan sunnah bagi Snobbies yang beragama Islam ketika menyambut kelahiran Si Kecil. Bacaan adzan dan iqamah di telinga baru lahir telah dilakukan Nabi Muhammad SAW terhadap Hasan Radiyallahu Anhu. Mengumandangkan adzan bayi baru lahir juga adalam hadist lho, Snobbies.

Meski riwayat hadist mengenai ini lemah, namun riwayat ini telah diterima secara umum oleh kalangan ulaman hadist karena ada beberapa riwayat pendukungnya. Buat Snobbies yang baru menjadi orangtua mungkin butuh tahu tentang cara mengumandangkan adzan bayi baru lahir.

Baca Juga: Ini Dia Kenapa Si Kecil Suka Bangun Malam Hari

Cara mengumandangkan adzan pada Si Kecil

Snobbies yang berasal dari keluarga Muslim tentu ingin Si Kecil lahir dan disambut juga sesuai dengan ajaran Islam. Bagi seorang Muslim, pastinya Snobbies juga sering atau pernah meyaksikan proses pembacaan adzan kepada bayi yang baru lahir.

Tahukah Snobbies? Bahwa anggota keluarga pria memang diutamakan untuk membacakan kalimat adzan di telinga bayi. Namun bila tak ada anggota keluarga pria yang hadir maka tidak apa bagi anggota keluarga perempuan atau ibu dari bayi yang melakukannya.

Berikut ini adalah cara mengumandangkan adzan pada Si Kecil:

  • Menghadap kiblat

Mirip dengan muazin di masjid dan mengumandangkan adzan, untuk Snobbies mengumandangkan adzan di telinga Si Kecil haruslah menghadap kiblat.

  • Adzan dan iqamah di telinga kiri dan kanan

Adzan harus Snobbies kumandangkan di telinga kanan Si Kecil. Kemudian membacakan iqamah di telinga kiri Si Kecil. Perlu Snobbies ingat pula bahwa anggota keluarga yang mengumandangkan adzan dan iqamah di telinga bayi tidak diwajibkan untuk meletakkan jari di telinganya seperti muazin.

  • Menggunakan suara pelan

Berbeda dengan mengumandangkan adzan di masjid, mengumandangkan adzan dan iqamah di telinga bayi baru lahir tak perlu menggunakan suara keras. Gunakan suara yang lembut dan juga pelan tapi masih terdengar oleh orang – orang yang ada di dalam ruangan yang sama

Alasan harus mengumandangkan adzan

Penting juga nih buat Snobbies tahu alasan Snobbies yang Muslim mengumandangkan adzan pada bayi baru lahir. Yaitu:

  • Penanda seorang Muslim

Menandakan bahwa Snobbies sebagai orangtua Si Kecil menjunjung tinggi dan berpegang terhadap agamanya dan ingin Si Kecil terus ada di jalan Islam.

Adzan harus Snobbies kumandangkan di telinga kanan Si Kecil kemudia membacakan iqamah di telinga kiri Si Kecil.

  • Menyucikan bayi 

Adzan yang Snobbies kumandangkan pada Si Kecil bertujuan untuk menyucikan bayi dari segala hal buruk bahkan gangguan setan. Saat bayi baru baru lahir maka ada kemungkinan bahwa setan memiliki rencana buruk terhadap bayi tersebut. Karenanya adzan dapat membuat setan tidak mendekati bayi.

Baca Juga: Sembelit Wajar Saat Hamil, Kok Gitu?

  • Mengingatkan kepada kematian

Mengadzani Si Kecil yang baru lahir juga mengingatkan kita bahwa tiap mahkluk yang bernyawa juga akan mati. Adzan berkumandang saat orang meninggal dunia. Sehingga adzan pun menjadi pengingat bahwa jarak antara kehidupan dan kematin sama dengan jarak antara adzan dan sholat.

Semoga tips mengadzani Si Kecil yang baru lahir di atas bermanfaat buat Snobbies yang hendak menyambut kelahiran Si Kecil, ya! –MR