Makanan pedas memang merupakan salah satu rasa yang sangat menggugah selera. Bahkan beberapa orang sulit untuk tidak menambah rasa pedas di Makanannya bahkan kebanyakan pecinta pedas datang dari kalangan wanita.

Saat menyusui Moms memang sebaiknya menjaga asupan makanan apalagi pasca melahirkan. Karena selain dapat membantu pemulihan hal tersebut juga sangat berpengaruh pada ASI Moms.

Baca Juga : Mainan Si Kecil Bantu Perkembangannya?

Namun tidak dapat dipungkiri kegemaran Moms yang suka rasa tersebut pastinya sulit untuk menghindari makanan pedas. Bahkan Moms bertanya-tanya apakah boleh atau tidak makan makanan pedas. Apalagi banyak mitos beredaran jika ibu menyusui tidak boleh makan pedas karena dapat mengganggu kesehatan Si Kecil.

Makanan pedas mempengaruhi ASI Moms?

Asupan makanan Moms saat menyusui memang akan berpengaruh pada ASI Moms sendiri. Makanan tersebut akan mempengaruhi rasa ASI, kualitas ASI, hingga komposisi di dalamnya. Namun bagaimana jika Moms memakan rasa tersebut? Apakah ASI akan menjadi pedas? Dan akan membuat SI Kecil diare? Yuk Moms perhatikan penjelasan berikut ini.

  • Tidak boleh makan makanan pedas itu mitos

Faltanya Moms boleh mengonsumsi makanan pedas saat menyusui, asalkan dalam batas yang wajar. Karena rasa tersebut tidak akan mendominasi pengaruh pada produksi ASI jika masih dalam batas wajar.

  • Perhatikan kapan mengkonsumsi pedas

Moms juga harus memperhatikan kapan Moms bisa makan pedas misalnya jika dalam masa nifas sebaiknya Moms tidak memakan rasa tersebut. Karena hal tersebut dapat memperlambat masa pemulihan pasca Moms melahirkan juga loh!  selain itu Si Kecil juga masih sangat sensitif.  Mungkin Moms bisa memakan makanan pedas kembali saat Si Kecil berusia sekitar minimal 6 bulan.

  • Jangan makan pedas berlebihan

Sudah dipastikan Moms tidak boleh mengkonsumsi rasa tersebut berlebihan karena seperti yang dikatakan sebelumnya jika makanan dapat mempengaruhi rasa ASI. Beberapa bayi cukup sensitif pada rasa tersebut sehingga dapat menyebabkan ia tidak mau menyusu atau bahkan bisa juga mengalami diare.

  • Tetap jaga pola makan

Selain memperhatikan jumlah pedas yang Moms konsumsi Moms juga tetap harus menjaga pola makan dan asupan makanan yang sehat dan seimbang seperti saat masa kehamilan. Agar rasa dan kandungan dalam ASI tetap netral dan stabil.

  • Dampak makanan pedas

Moms juga harus mengetahui dampak apa saja yang bisa terjadi jika Moms mengonsumsi rasa tersebut.  Dampak yang mungkin bisa terjadi yaitu diare, gerd,  dan gangguan pencernaan lainya. Moms sendiri yang mengalami gangguan tersebut, sehingga gangguan itu akan menghambat Moms dalam mengurus Si Kecil bahkan dalam proses menyusui.

Baca Juga : Alternatif Redakan Batuk Pilek Untuk Si Kecil

Meskipun diperbolehkan Moms harus tetap dapat mengontrol pola makan sehat saat menyusui ya Moms. Nah jika Moms kurang puas dengan informasi di atas Moms dapat bertanya pada dokter saat melakukan konsultasi. -WD