membangun-hubungan-ayah-anak

Kenapa Ya Kalau Dads yang Gendong Malah Nangis?

  • Post by: Snobby
  • Diterbitkan : 10 Jul 2020

Bila Dads membaca banyak tentang pengasuhan, pasti tidak jauh dari hubungan yang dekat antara Moms dan Si Kecil. Tapi tahukah Dads bahwa hubungan Dads dengan Si Kecil tak hanya soal menggendong dan membuat bayi merasa aman, tapi juga membangun kepekaan Si Kecil dengan Dads. Artinya membangun hubungan ayah anak juga penting!

Pulang kerja mau gantian gendong Si Kecil, eh Si Kecil malah menangis. Pernah nggak Dads mengalaminya? Jangan kesal dulu, ya.

Dads bisa melakukan beberapa kiat-kiat di bawah ini untuk membangun dan mempererat hubungan ayah anak bersama Si Kecil:

  1. Kontak Mata

Saat menggendong Si Kecil, Dads bisa terus menatap Si Kecil pada jarak 20-25cm.  Menurut Pete Stavinoha, Phd yang dilansir dari nakita.grid.id, saat pengelihatan Si Kecil yang masih belum optimal kontak mata dapat membuat Si Kecil mengenali wajah Dads. Apalagi di bulan-bulan pertama kelahirannya. Perkembangan indera pengelihatannya memang sedang meningkat pesat namun tetap dibutuhkan kesabaran hingga akhirnya di bulan keempat Si Kecil bisa melihat dan mengenali Dads.

  1. Sentuh Permukaan Kulitnya

Kontak fisik adalah kebutuhan dasar Si Kecil yang ada dalam kebutuhan asih. Yaitu kebutuhan afeksi! Moms dan Dads biasanya membelai tubuh Si Kecil dengan cara yang berbeda. Dads cenderung menyentuh kepala bayi dengan seluruh tangannya, sedangkan Moms biasanya membelai tubuh bayi dengan sentuhan jari. Secara medis, belaian pada kulit memberi keuntungan bagi bayi yang baru lahir karena kaya dengan stimulasi saraf. Bisa membangun hubungan ayah anak, nih! Eits jangan lupa cuci tangan ya Dads.

  1. Bicara Pada Si Kecil

Dua bulan sejak kehadiran Si Kecil di dunia, ia akan mulai berinteraksi seperti “mengobrol”. Tanggapi ocehannya, Dads. Meski kadang suka berpikir “Hmm Dede lagi ngomong apa, sih?” tapi sebenarnya perkembangan otaknya sedang berjalan. Dads bahkan dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengajaknya bicara. Bisa tentang apa saja. Selain menyenangkan buat Si Kecil, kemampuan berbicaranya dan mendengarkan akan meningkat pesat.

 

Meski ada banyak halangan untuk berada selalu di sisi Si Kecil, selalu usahkan untuk membuat Si Kecil merasa aman bersama Dads, ya. Jangan berkecil hati saat Si Kecil menangis saat kita gendong. Semua butuh proses!