Mainan memang sangat identik dengan tumbuhnya Si Kecil. Namun tahukah Moms jika barang tersebut juga mempengaruhi perkembangan Si Kecil.  Bahkan sejak usia Si Kecil 2-3 bulan, tanpa sadar ia menunjukan ketertarikannya pada benda di sekitarnya untuk dimainkan.

Misalnya saat ia sedang menangis lalu melihat benda di sekitarnya yang bergerak ia akan lebih tenang. Sehingga pastinya sudah tidak asing Moms sering menggantungkan mainan di atas ranjang Si Kecil. Moms jangan terlalu banyak membiarkan Si Kecil bermain smartphone juga ya!

Baca Juga : Alternatif Redakan Batuk Pilek Untuk Si Kecil

Namun Moms juga harus mengetahui jenis mainan yang aman bagi Si Kecil. Moms juga harus tau manfaat apa yang di dapat Si Kecil jika memainkan permainan tersebut. Ada beberapa permainan Si Kecil yang dapat membantu perkembanganya loh Moms! Yuk simak berikut ini.

Jenis Mainan yang membantu perkembangan Si Kecil

  • Mainan Gantung

Saat Si Kecil mulai tertarik dengan benda di sekitarnya Moms bisa memberinya mainan gantung. Permainan tersebut memiliki bermacam macam manfaat misalnya melatih ketajaman penglihatan Si kecil. Jika mainan tersebut menghasilkan suara itu juga dapat melatih pendengaran Si Kecil. Moms bisa meletakkannya di atas ranjang Si Kecil dengan posisi yang nyaman untuk dilihat Si Kecil.

  • Mainan Karakter

Jika Si Kecil sudah mulai bisa memegang benda dengan tangannya sendiri Moms bisa memberikannya permainan bentuk karakter. Selain menarik perhatiannya mainan karakter dapat menambah pengetahuan Si Kecil. Misalnya saat bermain Moms bisa memberi tahu apa bentuk dari permainan tersebut pada Si Kecil. Misalnya permainan hewan atau permainan buah-buahan.

  • Puzzle

Nah puzzle ini bisa Moms berikan saat Si Kecil sudah memasuki usia balita atau sekitar 3 tahun. Puzzle dapat melatih fokus pada Si Kecil dan juga kecerdasan Si kecil.

  • Mainan Susun

Sama dengan puzzle permainan susun juga dapat melatih fokus Si Kecil dan juga meningkatkan kecerdasan Si Kecil. Namun permainan susun seperti balok susun atau permainan donat susun dapat diberikan kepada Si Kecil sejak ia mulai dapat memainkan mainannya sendiri. 

  • Mainan Huruf

Selain dapat mengenalkan berbagai macam huruf, permainan ini juga dapat melatih kecerdasan Si ecil apalagi dikombinasikan dengan warna warna huruf yang berbeda. hal ini dapat melatih motorik dan Si Kecil.

  • Sensory play

Sekali-kali Moms dapat mengajak Si kecil untuk bermain Sensory play. Tujuan untuk menyalurkan rasa bosan Si Kecil agar Si Kecil kembali senang dan tenang. Selain itu bermain sensory play dapat merangsang indra Si Kecil. Moms bisa menyiapkan sensory play yang menarik dan tentunya aman untuk Si Kecil. Misalnya bermain air, gelembung sabun atau sensory play  khusus yang dapat Moms buat lebih menarik.

Baca Juga : Cara Mengurangi Morning Sickness Pada Awal kehamilan

Oke Moms! Mainan di atas selain membuat Si Kecil merasa senang tentunya akan membantu perkembangan sensorik Si Kecil. Ingat juga ya Moms berikan Si Kecil permainan yang memberikan edukasi positif bagi tumbuh kembangnya. –WD