Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Virus Corona

  • Post by: Snobby
  • Diterbitkan : 27 Jan 2020

Mewabahnya virus corona menyebabkan puluhan orang meninggal dan ratusan lainnya kini mendapatkan perawatan. Virus yang dideteksi pertama kali muncul di Wuhan tersebut mengakibatkan Wuhan dan tiga kota lainnya di China kini diisolasi oleh pemerintah Tiongkok. Otoritas Tiongkok dan World Health Organization (WHO) mengonfirmasi bahwa penyebab dari wabah ini adalah salah satu jenis coronavirus.

Nama virus corona diambil dari bentuknya yang menyerupai mahkota (corona) ketika dilihat di bawah mikroskop. Pada umumnya, virus ini tidak berbahaya, mereka hanya menyebabkan sakit pernapasan sedang seperti flu biasa. Namun beberapa jenis coronavirus memang bisa membawa bibit penyakit yang berbahaya dan mematikan. Salah satunya adalah yang sedang menyebar di Tiongkok saat ini.

Severe Acute Respiratory Syndrome atau SARS adalah penyakit pernapasan yang sangat menular. Ia pun menjadi wabah yang menjangkit 8.000 orang dengan kasus kematian sebanyak 800 di Tiongkok pada 2002. Sedangkan Middle East Respiratory Syndrome atau MERS merupakan wabah serupa di wilayah Timur Tengah yang terjadi pada tahun 2012. Kedua penyakit tersebut juga disebabkan oleh coronavirus, tetapi dari jenis yang berbeda jika dibandingkan dengan wabah pneumonia saat ini.

Coronavirus dapat menyebabkan gejala dari ringan hingga berat. Mulai dari demam biasa hingga sakit pernapasan yang akut. Terbukti bahwa selama ini pasien yang terjangkit mengeluhkan bahwa mereka merasakan demam yang berkelanjutan, batuk, sakit kepala, dan kesulitan untuk bernapas. Menurut laporan dari Xiunhuanet, warga yang jatuh sakit pada rentang 12 hingga 29 Desember 2019 adalah penjual di pasar ikan lokal Wuhan, Tiongkok. Melihat hal ini, pemerintah setempat pun menutup dan membersihkan pasar tersebut karena diperkirakan dari situlah coronavirus berasal.

Berikut adalah beberapa langkah pencegahan virus corona menurut WHO, yaitu :

  1. Sering bilas tangan Anda dengan sabun dan air berbasis alkohol.
  2. Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung menggunakan siku tertekuk atau tisu. Segera buang tisu dan cuci tangan.
  3. Hindari menyentuh mata, mulut, atau hidung Anda dengan tangan yang tidak bersih.
  4. Hindari kontak dekat dengan orang-orang yang tidak sehat.
  5. Pakailah masker saat beraktivitas di luar ruangan dan di tempat-tempat umum.
  6. Jika Anda merasakan gejala seperti flu, demam, segera cari perawatan medis lebih awal dan bagikan riwwayat perjalanan sebelumnya dengan penyedia layanan kesehatan.
  7. Istirahat yang cukup dan perbanyak minum air putih.
  8. Hindari mengkonsumsi produk hewani mentah atau setengah matang. Daging mentah, susu atau organ hewan harus ditangani dengan hati-hati untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah, sesuai praktik keamanan pangan yang baik.