daftar-perlengkapan-bayi-baru-lahir

10 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dipunya

  • Post by: Snobby
  • Diterbitkan : 30 Jul 2020

Moms dan Dads sambil menanti kelahiran Si Kecil pasti sudah siap-siap dengan membeli perlengkapan bayi baru lahir? Atau jangan-jangan masih bingung nih harus beli apa saja untuk Si Kecil setelah lahir?

daftar-perlengkapan-bayi-baru-lahir

Moms dan Dads bisa menggunakan checklist atau daftar untuk mempermudah dalam mengingat kebutuhan dan keperluan Si Kecil. Simak artikel ini untuk tahu apa saja isi daftarnya, yuk!

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Perlu Dibeli

  1. Popok Bayi

Moms dan Dads bisa menyimpan stok sekitar 2 pax popok bayi siap pakai ukuran bayi baru lahir. Bayi baru lahir menghabiskan lebih banyak popok dibanding bayi yang sudah beberapa bulan. Karenanya dibutuhkan banyak stok karena Moms bisa mengganti popok hingga 10 per hari.

  1. Bedong Bayi

Sejak dimandikan pertama kali setelah dilahirkan, Moms akan melihatnya memakai kain bedong. Bedong merupakan teknik membalut tubuh bayi terutama bayi baru lahir menggunakan lampin. Nah lampin ini yang disebut dengan kain bedong. Teknik ini membuat bayi merasa aman setelah transisi dari dalam lahir ke dunia luar. Sediakan sekitar 1 atau 2 lusin ya, Moms.

  1. Perlak atau Alas Kedap Air

Selain bedong bayi, Moms juga butuh perlak untuk melengkapi perlengkapan bayi baru lahir. Karena frekuensi buang air Si Kecil yang baru lahir cukup tinggi, dibutuhkan alas kedap air untuknya tidur. Selain mengurangi pekerjaan Moms dalam mencuci kasur, Si Kecil juga jadi nyaman waktu tidur karena tidak lembab.

  1. Baju Bayi

Sama seperti baju Moms dan Dads, Si Kecil juga butuh kaos yang terdiri atas kaos tangan dan celana pendek untuknya beraktivitas di siang hari, kaos tangan dan celana panjang agar hangat di malam hari, dan singlet untuk dalaman.

  1. Gendongan

Perlengkapan bayi baru lahir yang tak boleh ketinggalan adalah gendongan. Menggendong bayi bermanfaat untuk menenangkan Si Kecil. Selain tenang, hormon-hormonnya terstimulasi sehingga berguna bagi tumbuh kembangnya. Untuk menghindari pegal, Moms dan Dads bisa menggunakan gendongan. Tapi disesuaikan untuk umurnya, ya. Untuk Si Kecil yang masih baru lahir hingga usianya 3 bulan Moms hanya boleh mengenakan gendongan samping dan selendang. Moms bisa lho menggunakan Gendongan Samping Double Fungsi Line Series. Awet dan bisa dikenakan bahkan hingga Si Kecil batita karena didesain sedemikian rupa.

daftar-perlengkapan-bayi-baru-lahir

  1. Celemek

Bayi baru lahir tidak memiliki banyak liur tapi digunakan untuk menghalau pakainnya kotor karena susu tumpah.  Karena kulitnya masih sesitif, Moms pilih yang bahannya dari bahan katun organik, ya.  Selain itu, direkomendasikan memilih celemek yang tidak menyentuh mulut bayi ketika tidur. Pilih juga celemek yang bermotif lucu seperti Celemek Bayi Snobby Baby agar menarik bayi Si Kecil. Pengelihatannya pada masa ini belum optimal sehingga menarik baginya untuk melihat warna-warna cerah.

daftar-perlengkapan-bayi-baru-lahir

  1. Kasur Bayi

Pilih tempat tidur yang nyaman untuk Si Kecil. Bayi yang baru lahir cenderung lebih banyak tidur, yakni sekitar 16,5 jam sehari. Dibagi menjadi 8 jam tidur siang dan 8.5 jam tidur malam. Moms bisa pilih Snobby Kasur Bayi Newborn Seri Arrows, kasur lipat yang dirancang sesuai dengan kenyamanan bayi. Karena fungsi lipatnya, sangat praktis untuk disimpan!

daftar-perlengkapan-bayi-baru-lahir

  1. Kelambu

Kelambu dapat melindungi kulit Si Kecil yang masih sensitif dari gigitan nyamuk. Bentol dan iritasi bisa membuatnya tidak nyaman loh, Moms. Selain itu pemilihan kelambu pun tak sembarangan. Pilih kelambu yang punya bingkai sehingga tidak mudah roboh. Di Snobby Baby, Moms bisa dapatkan kelambu setiap pembelian kasur bayi loh. Hihi.

daftar-perlengkapan-bayi-baru-lahir

  1. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan bayi baru lahir yang tidak boleh ketinggalan adalah perlengkapan mandi. Meliputi sabun dan sampo khusus bayi, waslap, dan handuk. Ingat untuk selalu memilih sabun dan sampo untuk bayi ya, Moms. Pilih juga handuk yang punya bahan lembut di kulit dan cepat menyerap air. Waslap juga sangat penting untuk membersihkan tubuh bayi. Pilih yang warnanya menarik ya Moms seperti Waslap Snobby Baby. Mandikan juga Si Kecil di bak mandi khusus bayi.

Selain perlengkapannya saat mandi, setelah mandi Moms bisa memberinya minyak telon dan bedak bayi. Tambahannya bisa seperti cologne dan lotion bayi biar Si Kecil tambah harum!

  1. Perlengkapan Steril

Segala sesuatu yang bersentuhan langsung dengan Si Kecil mesti dipastikan steril ya, Moms. Perlengkapan steril yang harus disiapkan, antara lain:

  • kasa
  • kapas steril
  • tisu dan kapas
  • tisu basah
  • alkohol 70%

Kain kasa dan alkohol berfungsi untuk merawat luka di tali pusar Si Kecil. Saat mengganti perban, basahi dengan alkohol agar steril. Tisu dan kapas berfungsi saat Si Kecil buang air besar. Dan lebih praktis membawa tisu basah ketika bepergian.

 

Selain perlengkapan bayi baru lahir yang harus dimiliki, ada juga nih perlengkapan tambahan biar Moms engga bingung saat butuh.

Perlengkapan Tambahan Bayi Baru Lahir

  • Gunting kuku dan cotton bud

Seperti orang dewasa, kuku Si Kecil perlu digunting. Telinganya juga mesti dibersihkan. Kedunya agar Si Kecil terhindar dari kuman. Selain untuk telinga, cotton bud juga berfungsi untuk membersihkan pusar bayi, daun telinga, serta lipatan pada tubuh bayi.

  • Pembersih botol

Meski bisa dibersihkan dengan spons yang biasa Moms gunakan untuk cuci piring, ada baiknya membedakan spons untuk Si Kecil serta membeli sikat kecil panjang yang halus untuk mensterilkan botol susu Si Kecil.

  • Tas bayi

Si Kecil yang masih bayi belum bisa ditinggal apalagi saat tak ada yang menjaga seperti orangtua Moms dan Dads. Karenanya Moms perlu menyediakan tas bayi apabila perlu bepergian bersama Si Kecil. Pilih tas yang memiliki kapasitas besar seperti Snobby Tas Bari Besar DBL Saku Print Awesome Dotty Print. Memiliki 2 side pockets untuk menaruh botol susu dan termos, handle strapnya juga adjustable sehingga bisa disesuaikan saat dibawa Moms atau Dads.

  • Bantal menyusui

Bantal menyusui dapat menjadi penopang tubuh bayi saat menyusui hingga tubuhnya menjadi lebih dekat dengan Moms. Kedekatan ini juga dapat menstimulasi hormon yang membuat ASI lebih banyak. Moms bisa membeli Snobby Bantal Ibu Menyusui Squirrel Series yang memakai bahan berkualitas sehingga nyaman baik untuk Moms dan untuk Si Kecil. Bantal menyusui juga dapat mengurangi pegal karena membantu Moms mendekap Si Kecil lebih erat.

 

Nah sudah tahu kan harus mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir yang mana saja, Moms? Moms dan Dads bisa banget membeli keperluan bayi seperti baju bayi, celemek, kasur + kelambu, tas bayi, dan bantal menyusui di Snobby Baby.