Morning sickness umum dialami Moms saat memasuki awal-awal kehamilan padai trimester pertama. Moms akan mengalami gejala mual dan muntah yang sering terjadi di pagi hari, namun terkadang tidak hanya di pagi hari mual bisa terjadi kapan saja di siang, sore ataupun malam.

Gejala tersebut utamanya muncul karena perubahan hormon yang dialami oleh Moms saat memasuki masa kehamilan. Selain itu, indera penciuman Moms juga menjadi lebih sensitif ketika hamil. Kita bisa menyatakan bahwa morning sickness adalah suatu hal yang wajar terjadi pada semua wanita yang memasuki awal kehamilan.

Baca Juga : Manfaat Mendengar Musik Saat Moms Hamil

Namun jika Moms mengalami morning sickness yang dirasa tidak wajar atau berlebihan sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Berikut kami membagikan cara-cara untuk mengurangi morning sickness yang Moms alami:

  • Istirahat yang cukup

Di awal masa kehamilan tubuh akan mengalami penyesuaian karena banyak perubahan yang dialami terutama perubahan hormon. Saat Moms mengalami kelelahan di masa awal kehamilan itu akan lebih terasa buruk dari biasanya. Moms akan lebih lemas bahkan mual dan muntah semakin parah. Oleh karena itu Moms dapat memperbanyak waktu istirahat atau bahkan melakukan bedrest.

  • Pastikan Moms selalu rileksz

Agar Moms selalu rileks yang pertama Moms bisa kontrol pikiran Moms. Jangan terlalu banyak memikirkan hal-hal negatif. Moms biasa menikmati udara segar di taman belakang rumah atau saat pagi hari membuka jendela kamar. Biarkan panca indera menyatu dengan ketenangan. Atau jika cuaca tidak memungkinkan Moms bisa menggunakan aromaterapi dengan bau yang Moms sukai. Hal-hal tersebut bisa Moms lakukan agar indera penciuman Moms yang sensitif tidak menjadi pemicu rasa mual berlebihan.

  • Atur pola makan

Saat hamil terkadang nafsu makan berkurang apalagi saat merasa mual. Namun Moms tidak boleh membiarkan perut kosong. Karena Si kecil dalam perut juga membutuhkan asupan makanan. Apalagi ini dapat memicu asam lambung naik sehingga menyebabkan mual semakin parah. Oleh karena itu Moms bisa mengatur pola makan Moms dengan baik misal makan sedikit namun lebih sering.

  • Perbanyak minum 

Memperbanyak minum air akan mencegah Moms dari dehidrasi. Air dapat mengganti cairan tubuh usahakan Moms meminum air 6-8 gelas per harinya. Selain air putih Moms bisa minum susu ibu hamil atau air jahe asalkan tanpa kafein.

  • Hindari penyebab mual

Jika Moms mual saat mengonsumsi atau mencium suatu makanan lebih baik di hindari. Moms juga harus menghindari makanan-makanan berminyak dan makanan yang dapat memicu asam lambung naik.

  • Pilih makanan sehat

Moms bisa memakan makanan makanan sehat seperti sayuran hijau misalnya brokoli, bayam, dan kubis. Lalu Moms juga bisa memakan buah buahan seperti pepaya, pisang, alpukat, dan jeruk serta kacang-kacangan, hati sapi hingga telur. Dengan asupan makanan yang sehat mual yang Moms alami akan berkurang selain itu makanan sehat juga baik untuk perkembangan janin.

  • Makan Permen

Permen dapat mengurangi rasa mual yang Moms alami. Perhatikan saat mengonsumsi permen jangan sampai berlebihan dan mengonsumsi permen yang berbahaya. Permen yang dapat Moms konsumsi dengan aman yaitu seperti permen jahe, permen asem atau tamarind, lalu ada permen Mint serta permen madu lemon.

Baca Juga : Asah Kemampuan Dasar Si Kecil Untuk Menunjang Masa Depan

Jangan khawatir Moms morning sickness pasti dapat Moms lewati dengan mudah. Kami berusaha agar Moms dapat melewati gejala morning sickness dengan cara-cara yang ada di atas . Sehat dan bahagia selalu ya Moms agar Si Kecil juga ikut sehat dan bahagia di dalam perut. –WD