Tips Mengolah Daging Untuk Ibu Hamil

daging untuk ibu hamil

Setelah menyambut Idul Adha di bulan Dzulhijah tanggal 20 Juli kemarin, Mama pasti memiliki stok daging sapi atau kambing. Faktanya daging kaya protein dan juga bermanfaat untuk kesehatan. Rasanya enak dan teksturnya bikin nagih! Tapi berapa banyak konsumsi daging untuk ibu hamil yang diperbolehkan, ya?

Berapa jumlah daging yang bisa Mama komsumsi saat hamil?

Daging merah seperti daging kambing dan juga kambing sapi mengandung vitamin dan mineral serta zat besi yang Mama butuhkan ketika hamil. Zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah. Sel darah merah berperan penting dalam mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Termasuk janin. Selama periode kehamilan, umunnya volume darah akan meningkat dari biasanya terlebih Mama sudah memasuki trimester ketiga. Apabila Mama kekurangan zat besi, Mama bisa mengalami anemia yang berisiko pada kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Konsumsi daging untuk ibu hamil yang disarankan adalah 3 porsi setiap hari atau sekitar 65 gram daging sapi dan kambing. Pastikan daging Mama olah dan matang secara sempurna ya. Karena jika Mama makan daging merah yang setengah matang akan berisiko mengalami infeksi akibat kandungan bakteri dan parasit yang ada dalam daging. Hal ini tentu akan berbahaya buat Mama dan Si Kecil dalam kandungan.

Tips Mengolah Daging Untuk Ibu Hamil

Agar Mama dan Si Kecil dalam kandungan terhindar dengan risiko, Mama harus teliti memilih daging, menyimpan, dan cara memasak. Perhatikan hal-hal di bawah ini ya, Mam!

  1. Pilih daging yang segar

Pilih daging yang belum mengalami perubahan warna menjadi gelap atau coklat. Aromanya menjadi tidak sedap dan teksturnya keras dan berlendir.

  1. Simpan daging dengan baik

Simpan daging dalam wadah tertutup dan masukkan ke kulkas dengan suhu sekitar 4 derajat celcius. Jika Mama tidak akan segera mengolah dagingnya atau lebih dari 4 hari setelah Mama beli, maka taruh daging pada suhu -18 derajat celcius dalam freezer.

  1. Pastikan hanya konsumsi daging matang

Buat Mama yang hamil, Mama harus mengonsumsi daging matang pada seluruh bagian hingga tak ada bagian yang berwarna merah. Masak daging hingga mencapai suhu 65 serajat celcius.

daging untuk ibu hamil

Setelah mengetahui takaran dan juga tips mengolah daging untuk ibu hamil, Mama tentu nggak bingung lagi mau gimana soal stok daging qurban dong? Sehat selalu ya, Mam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *