Tips Mengatur Pola Makan Si Kecil Sejak Bayi

mengatur pola makan bayi

Mengatur pola makan Si Kecil dapat dilakukan sejak bayi. Dengan mengatur pola makan bayi, Si Kecil juga dapat membawa pola makannya hingga ia dewasa. Pola makan Mama dan Papa juga akan memengaruhi pola makan Si Kecil. Penelitian dari Oxford University tahun 2002 menyatakan bahwa bila orangtua biasa makan sembangan dengan jadwal tak teratur, maka Si Kecil juga akan memiliki kebiasaan yang sama.

Cara mengatur pola makan yang baik buat Si Kecil

Pola makan tertatur akan menjadikan Si Kecil punya kebiasaan untuk makan teratur juga. Dan mengatur pola makan bayi bisa dilakukan ketika Si Kecil berada dalam masa menyusui. Dengan mengatur pola makan bayi, Mama bisa mengatur nutrisi yang masuk serta jadwal untuk mengonsumsi makan.

Simak yuk cara mengatur pola makan bayi sesuai dengan umurnya berikut ini:

Buat Si Kecil Usia 0-6 bulan

Pada masa ini, Si Kecil hanya mengonsumsi ASI eklusif. Bayi cenderung makan lebih banyak karena ia membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Meski begitu, jadwal menyusu untuk mengatur pola makannya tetap bisa diterapkan kok Mam!

Membang butuh waktu agar Si Kecil punya pola yang teratur setiap hari. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan bahwa jadwal menyusu bayi baru lahir sebaiknya sekitar 8-12 kali sehari dengan rentang 10-15 menit setiap kali menyusui.

Jika Si Kecil tertidur lelap di jam ia harusnya menyusui, Mama boleh membangunkannya kok. Tentu dengan cara yang benar ya!

Buat Si Kecil Usia 6 bulan-3 tahun

Memasuki usia ini Si Kecil sudah berkenalan dengan banyak macam makanan. Alangkah lebih baik jika Mama memberinya makanan kaya nutrisi sebelum memberinya makanan kaya pemanis seperti permen dan es krim.

Mengatur pola dan mendisiplinkan makan Si Kecil juga termasuk melatihnya menghabiskan makannya. Kepercayaan dirinya bisa terbangun ketika ia dapat menghabiskan makanannya sendiri seperti Mama dan Papa.

Mama bisa mulai dengan memberinya porsi kecil makanan dengan peralatan kecil juga. Buat suasana yang menyenangkan sehingga Si Kecil tidak merasa makan adalah aktivitas yang membuatnya terpaksa. Suasana menyenangkan ini termasuk menjauhkan dari televisi atau mainannya untuk membuat Si Kecil fokus dengan makanannya.

Buat Si Kecil Usia Balita Hingga Usia Sekolah

Saat Si Kecil sudah semakin besar, libatkan ia dalam proses memilih menu makan untuk keluarga. Moms bisa menanyakan apa sayur apa saja yang ia inginkan ada di dalam sayur sup atau jenis tumis aja yang sedang Si Kecil ingin makan.

Sarapan sebelum memulai aktivitas juga harus mulai dibiasakan. Tubuh Si Kecil membutuhkan karbohidrat untuk beraktivitas. Sarapan juga membantu tubuh menggunakan makanan dengan lebih efisien sepanjang hari sehingga Si Kecil jarang merasa lapar.

 

Mengatur pola makan sejak bayi selalu membutuhkan kesabaran dan konsistensi, Mam. Karena memang ada banyak manfaat yang bakal Si Kecil dapatkan bila Mama mengatur pola makannya sejak bayi.

Semoga bermanfaat ya, Mam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *