Tips-Tips Memperbanyak ASI

Ada satu masalah yang sering banget dihadapi Mama yang lagi menyusui. Kira-kira apa ya? Betul, banget! Kurangnya produksi ASI. Padahal di awal 6 bulan kehidupan Si Kecil sangat dianjurkan untuk memberikan ASI ekslusif sebagai sumber makanan utama dan nutrisi yang menjauhkannya dari bakteri, meningkatkan imunitas, juga pematangan organ tubuh. Berarti Mama harus menyimak tips memperbanyak ASI!

Sebenarnya nih, Mam, tubuh Mama secara alami dapat mencukupi kebutuhan Si Kecil. Makanya kita boost atau stimulasi agar ASI tetap berlimpah, yuk!

  1. Melakukan pijat dan membersihkan puting

Mama bisa mencoba membersihkan putting susu agar memperlancar jalan ASI menggunakan baby oil sebelum mandi. Sambil melakukannya, conalan memijat dengan memilin putting terutama pada lipatan di ujung putting.

  1. Meningkatkan frekuensi menyusui

Jangan patah semangat dulu ketika Mama menyadari produksi ASI tidak terlalu banyak. Saah satu tips memperbanyak ASI adalah dengan meningkatkan frekuensi menyusui, Mam. Meski tidak keluar ASI, sebenarnya menyusui dapat membantu merangsang kontraksi pada otot-otot payudara. Sehingga ASI dapat mengalir dengan lancar dan memperbanyak ASI.

  1. Ciptakan lingkungan yang nyaman saat menyusui

Faktor internal dari Mama yang dapat memengaruhi produksi ASI adalah stres. Bila Mama merasa cemas, stres, atau bahkan depresi pada masa menyusui maka hal tersebut akan memengaruhi intensitas ASI. Bila Mama merasa stres, coba lakukan meditasi atau melakukan latihan pernapasan. Tubuh Mama akan menjadi lebih rileks, pikiran pun menjadi tenang, dan Mama bisa menyusui Si Kecil dengan lancar.

  1. Rutin memompa ASI

Memompa ASI bukan hanya masalah membuat stok ASI tapi juga membantu produksi ASI lebih banyak. Bila payudara masih terasa kencang dan penuh begitu Si Kecil kenyang menyusui, pompa ASI agar payudara yang kosong dapat terus memproduksi ASI.

  1. Perhatikan perlekatan bayi saat menyusu

Perlekatan adalah menempatkan mulut bayi dengan putting susu dan menyusui dengan posisi yang tepat. Bila posisi mulut Si Kecil tidak pas dengan puting payudara, produksi juga bisa berjalan dengan lancar. Apalagi Mama menyadari bahwa produksi ASI banyak ketika dipompa. Untuk mengatasi posisi yang salah pada perlekatan bayi, Mama bisa gunakan Bantal Menyusui + Bantal Dot Artsy Series!

Bantal Menyusui akan membawa Si Kecil lebih dekat dengan payudara sehingga perlekatan lebih mudah dilakukan. Selain itu, Mama juga nggak perlu merasa pegal karena harus melakukan posisi menyusui yang kadang membuat kita agak miring ke samping!

Menyusui merupakan momen yang penting buat Si Kecil dan Mama. Bila mengalami masalah atau merasa ragu, Mama bisa segera mengonsultasikannya ke konselor laktasi yaa.

Bila Mama ingin membeli Bantal Menyusui + Bantal Dot Artsy Series, Mama bisa lakukan pembelian di toko-toko perlengkapan bayi terdekat atau mampir ke Official Store Snobby Baby yang ada di e-commerce kesayangan Mama!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *