Tips Membuat Si Kecil Tertawa

Bisa membuat Si Kecil punya efek candu tersendiri. Ada rasa rewarding waktu mendengar Si Kecil tertawa karena kita. Si Kecil juga akan merasa lebih senang saat tertawa. Apa saja tips membuat bayi tertawa? Faktanya tertawa juga punya memiliki dampak baik bagi Si Kecil. Yaitu melepas stres! Waduh, bayi mikirin apa ya Moms?

 

 

Justru ketika emosinya dan refleksnya masih meraba-raba, adalah tugas Moms dan Dads untuk membantunya. Saat stres, Si Kecil tidak dapat mengelola (coping) stresnya sehingga ia membutuhkan orang dewasa untuk membantunya melepaskan emosi tersebut.

Manfaat Tertawa Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Tertawa bisa melepaskan zat kimia yang disebut serotonin ke otak Si Kecil loh, Moms. Serotonin disebut juga dengan hormon yang menciptakan rasa rileks atau perasaan lebih baik.

Saat Si Kecil stres, otaknya melepaskan hormon kortisol atau hormon stres. Kelebihan hormon kortisol atau stres kronis bisa membuat tulang Si Kecil tidak kuat hingga memunculkan masalah kulit seperti ruam.

Tanda-tanda Bayi Mengalami Stres

Kadang Moms mungkin merasa bingung untuk paham sebenarnya Si Kecil yang masih bayi sedang stres. Moms bisa mengindentifikasinya dengan tanda dan gejala seperti berikut:

  • Semakin sering menangis

Menangis adalah reaksi pertama saat Si Kecil yang masih bayi stres. Hal ini merupakan sinyal bagi bahwa Si Kecil sedang merasa tidak nyaman atau bahkan sakit.

Jika Si Kecil memang stres ia akan menangis lebih sering dari biasanya. Dan jika sampai tak terkendali, Moms bisa mencari tahu apa yang menyebabkannya stres.

  • Perubahan jadwal tidur

Sama seperti orang dewasa, Si Kecil yang masih bayi bisa stres hingga mengganggu jadwal tidurnya. Si Kecil akan bangun dan tetap terjaga lebih lama dari biasanya dan menangis jika dalam keadaan stres.

  • Menghindari kontak mata

Jika Moms suka menatapnya, Moms pasti langsung mengenali perubahan perilakunya. Si Kecil yang masih bayi akan menghindari kontak mata ketika ia stres. Pada beberapa kasus, menghindari kontak mata menjadi indikasi gangguan spektrum autisme dan gangguan pengelihatan.

  • Terlihat tanpa emosi

Si Kecil yang masih bayi memang sering tidak ekspresif. Namun Moms pasti bisa mengenali ada yang tidak biasa dari ekspresi di wajah Si Kecil.

tips-membuat-bayi-tertawa

Ketika sudah dapat mengidentifikasi adanya hal yang berbeda dari Si Kecil karena stres, Moms bisa mengusahakan hal yang dilakukan untuk membuat Si Kecil tertawa. Simak yuk tips membuat bayi tertawa berikut ini:

  1. Say Hi!

Minta seluruh anggota keluarga untuk menyapa Si Kecil. Perasaannya akan lebih senang saat ia dikelilingi oleh anggota keluarganya. Tapi pastikan bergantian saat menyapa ya agar Si Kecil tidak kebingungan. Gunakan suara lembut juga agar Si Kecil tidak kaget.

  1. Cilukba!

Moms bisa meletakkan tubuh di atas kasur atau sambil duduk. Posisikan diri Moms atau Dads berhadapan hingga bisa saling menatap. Setelah itu tutup wajah Moms sambil berkata, “Ciluk…” tahan selama 3 hingga 5 detik. Dan saat Moms membuka mata tampilkan mimik lucu sambil bilang “Baaa..”. Ingat untuk selalu mengontrol intonasi suara dan ekspresinya ya Moms dan Dads!

  1. Bermain dengan mainan kesayangan

Si Kecil biasanya bermain dengan mainan berbulu halus (soft toys) agar tidak membahayakan dirinya dan memiliki suara. Moms bisa duduk di hadapan Si Kecil. Sapa ia dengan lembut sambil menggoyang-goyangkan mainannya. Hal ini bisa dilakukan hingga Si Kecil merespon.

  1. Mencari Moms

Moms bisa menutupi wajah Moms dengan selimut sambil berkata, “Ayo Moms ada di mana?”. Jangan turunkan selimutnya ya biarkan Si Kecil berusaha. Saat Si Kecil berhasil menemukan Moms, langsung turunkan selimut sambil berkata “Sayang, Moms di sini!” bisa juga dengan ekspresi lucu. Bagi Si Kecil dapat menemukan ibunya adalah kejutan yang menyenangkan. Karenanya permainan ini bisa sering dilakukan.

 

Kegiatan bercanda bersama Si Kecil bisa dilakukan bahkan saat Si Kecil sudah merasa baik-baik saya, Moms. Tetap pastikan Si Kecil bahagia dengan memenuhi kebutuhan dasar Si Kecil, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *