Tips Kegiatan Untuk Memperkuat Bonding Ayah dan Bayi

manfaat bonding ayah dan bayi

Jika Si Kecil yang masih bayi sudah dekat dengan Dads, tentu Moms tidak perlu khawatir untuk meninggalkan Si Kecil bersama Dads. Si Kecil tidak akan sering-sering menangis karena mencari Moms. Penting untuk Dads memiliki ikatan atau bonding dengan Si Kecil. Bonding ayah dan bayi dapat meningkatkan perkembangan otak dan emosional, lho!

Anak yang memiliki kedekatan secara emosional dengan ayahnya akan tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Penelitian dari Oxford University mengungkap bahwa anak yang dekat dengan ayahnya sejak dini memiliki prestasi yang membanggakan di bidang akademis.

Bonding ayah dengan bayi juga akan membangun karakter Kecil menjadi positif. Sosiolog dari Pennsylvania State University, Paul Amato, mengatakan bahwa ayah yang terlibat aktif dengan anak-anaknya akan membuat mereka tumbuh dan berkembang lebih baik.

Apa yang harus Dads lakukan untuk meningkatkan bonding Dads dengan Si Kecil? Simak tips-tips berikut:

  1. Bermain bersama

Karena tidak pernah bertemu dengan Si Kecil, Si Kecil jadi merasa asing dengan Dads. Jangan segera menyerah ya, Dads. Tetap dekati Si Kecil dengan bernyanyi, membacakan buku cerita, atau mendongen dengan boneka tangan. Meski Si Kecil tidak mengerti apa yang Dads katakan, otak Si Kecil sedang berkembang dan memproses keterampilan berbicara. Si Kecil akan mengomunikasikan responnya. Sesekali ajak untuk Si Kecil bercanda.

Simak cara membuat Si Kecil tertawa di sini: Tips Membuat Si Kecil Tertawa

  1. Lakukan kontak fisik

Si Kecil yang masih bayi dapat merespon sentuhan Moms dan Dads. Sentuhan Dads akan membantu Si Kecil menenangkan dan membuat Si Kecil tenang. Dads bisa memijat kaki, tangan, perut, dan lengan selama 10-15 menit agar Si Kecil “menyadari” atau “merasakan” kehadiran Dads.

  1. Melakukan shift malam

Karena sebagian besar waktu Dads dihabiskan kantor, Dads bisa membangun dan meningkatkan bonding dengan Si Kecil sepulang kerja dengan menjaganya. Moms bisa beristirahat serta memberikan momen yang berkualitas antara Dads dengan Si Kecil.

  1. Menyusui Si Kecil

Dads menyusui Si Kecil? Siapa bilang enggak bisa? Dads bisa banget loh membantu Moms menyusui Si Kecil. Pastikan Dads sudah mengetahui cara memberikan ASI yang sudah dipasteurisasi sebelumnya. Saat memberikan susu, pelihara kontak mata dengan Si Kecil untuk membiasakan Si Kecil. Kontak mata akan menjalin kedekatan dengan Si Kecil. Sambil menyusui, ajak Si Kecil bicara untuk mengasah kemampuan bicaranya.

  1. Temani Si Kecil tidur

Menjaga waktu tidur penting untuk Si Kecil dan juga orangtua. Jika jadwal tidur Si Kecil konsisten, maka Moms dan Dads juga bisa mengatur waktu dengan baik. Setiap malam setelah Si Kecil disusui, Dads bisa menemaninya tidur dengan cara menggendongnya, menyanyikan lagu nina bobo, atau mengusap-usap lembut kepalanya. Sambil menggendong, ingat untuk tetap mengajaknya berkomunikasi serta memberinya pelukan. Selain rasa aman dan nyaman, Si Kecil pasti dapat merasakan kehadiran Dads.

 

Nah, mudah sekali untuk meningkatkan bonding ayah dengan bayi kan? Dalam masa liburan atau work from home, Dads dapat meningkatkan bonding dengan Si Kecil lebih banyak lagi!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *