Simak Yuk Bun Tips Menjalankan Program Hamil Anak Kedua

tips hamil anak kedua

Memiliki anak tentu jadi kebahagiaan buat Mama dan Papa. Mungkin Mama dan Papa juga sedang mendamba kehadiran anak kedua untuk melengkapi kebahagiaan keluarga. Siapa nih yang sedang melakukan program hamil? Simak terus yuk tips hamil anak kedua.

Idealnya Mama harus menunggu setidaknya 18 bulan sejak melahirkan anak pertama agar tubuh Mama fit kembali. Meski Mama pernah hamil sebelumnya, pada dasarnya setiap kehamilan unik dan tidak pernah sama.

Persiapan Hamil Anak Kedua

  1. Pastikan siklus menstruasi teratur

Memiliki siklus menstruasi teratur merupakan faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan jika Mama ingin melakukan program hamil anak kedua. Saat Mama tidak menggunakan alat kotrasepsi sekalipun mesntruasi yang terlambat tidak selalu menandakan Mama tengah hamil.

Setelah hamil anak pertama biasanya siklus menstruasi cenderung tidak teratur. Makanya Mama harus memantau terus bagaimana siklus menstruasi. Dengan mengetahui siklus menstruasi yang teratur juga akan berpengaruh pada kemungkinan terjadinya kehamilan. Ini bisa Mama tanyakan lebih lanjut ke dokter kandungan, ya!

  1. Harus pulih setelah melahirkan

Mama mungkin pingin banget punya anak-anak yang punya jarak umur berdekatan. Namun untuk melakukan program hamil anak kedua, Mama harus benar-benar pulih secara optimal terlebih dahulu.

Karena jika Mama hamil lagi, ada banyak perubahan yang akan terjadi pada Mama apalagi jika belum lama dari waktu melahirkan. Mama harus benar-benar pulih untuk mencegah risiko komplikasi. Bahkan sebuah penelitian juga menemukan kehamilan dengan jarak yang dekat dari waktu melahirkan akan meningkatkan risiko seperti kelahiran prematur, bayi lahir dengan ukuran lebih kecil, atau bahkan lahir meninggal.

  1. Mengonsultasikannya ke dokter kandungan

Tips hamil anak kedua tentu adalah berkonsultasi pada dokter kandungan. Dengan berkonsultasi, Mama dan Papa akan mengetahui risiko apa saja yang terjadi serta masalah yang mungkin dihadapi atau bisa menghambat program hamil.

Beberapa hal yang memengaruhi kemampuan Mama untuk hamil adalah sindrom ovarium polikistik (PCOS), endometriosis, gangguan tiroid, dan penyakit menular seksual yang da[at menyebablan infertilitas sekunder. Selain itu bisa terjadi masalah pada Papa seperti morfologi sperma.

  1. Mengonsumsi vitamin

Mengonsumsi vitamin dan juga suplemen sangat baik untuk program kehamilan anak kedua. Kebutuhan nutrisi seperti asam folat, vitamin C, D3, E, Zinc sangat baik untuk Mama konsumsi untuk mempersiapkan program hamil anak kedua. Selain konsumsi vitamin juga penting untuk Mama memiliki pola hidup yang sehat.

Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu jika Mama mau mengonsumsi vitamin tertentu, ya!

  1. Memiliki gaya hidup sehat

Tips hamil anak kedua adalah memiliki gaya hidup sehat. Enggak cuma Mama tapi juga Papa, lho! Mama dan Papa harus mengonsumsi makanan sehat bahkan bila perlu melakukan diet dengan nutrisi seimbang. Selain menjaga makanan, istirahat yang cukup juga penting untuk menjalankan pola hidup yang sehat. Dan tentunya olahraga!

 

Persiapan memiliki anak kedua enggak hanya soal Mama tapi juga keluarga secara keseluruhan ya, Mam. Enggak hanya kondisi kesehatan Mama dan Papa, perlu juga mempertimbangkan bagaimana kesiapan mental, tenaga, waktu, dan pastinya finansial. Jika semuanya sudah siap, Mama dan Papa bisa berkonsultasi dengan dokter. Semoga berhasil, Mam!

 

Mama dan Papa bisa membeli perlengkapan untuk menyambut kehamilan dan kelahiran Si Kecil di Snobby Baby. Dapatkan promo-promo menariknya di Official Store Snobby Baby di e-commerce kesayangan Mama!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *