5 Cara Redakan Bayi Menangis

bayi menangis

Ketika bayi menangis sebenarnya ia sedang mengomunikasikan keinginannya. Namun karena apa yang bisa dilihat Mama berupa tangisan, kadang susah juga untuk menerka apa yang sedang disampaikan Si Kecil.

Biasanya bayi menangis karena ia haus ingin menyusu, merasa tidak nyaman, atau kelelahan karena terlalu banyak stimulasi. Bahkan frekuensi menangis yang sering bisa saja karena Si Kecil ada pada kondisi kolik. Simak artikel berikut soal kolik pada bayi.

Lalu apa saja yang harus Mama lakukan ketika Si Kecil menangis?

Tips Redakan Tangis Si Kecil

  1. Menggendong sambil naik turun tangga

Meski terdengar membuat pegal, ritme ketika Mama naik dan turun tangga mirip dengan suasana ketika Si Kecil berada dalam Rahim Mama. Naik turun tangga akan seperti meniru suasana bayi dalam rahim ibu di mana Si Kecil berada pada gerakan konstan.

  1. Mengayun-ayun

Mengayun-ayun tak hanya ketika menggendong, Mam. Mama bisa meletakkan Si Kecil di dalam ayunan atau kursi goyang. Cara ini dapat membuatnya berada pada gerakan konstan sehingga Si Kecil dapat merasa lebih tenang.

  1. Memijat-mijat Si Kecil

Memijat bisa menjadi ritual menenangkan baik untuk Si Kecil maupun untuk Mama lho. Kontak fisik melalui tangan Mama bisa menangkan untuk Si Kecil. Selagi memijat untuk meredakan tangisnya, Mama juga dapat sekaligus menstimulasi indera perabanya.

  1. Membedong

Bedongan dapat meredakan tangis Si Kecil karena seperti sedang menirukan suasana ketika berada dalam rahim Mama yang sempit. Namun tidak perlu ketat memakaikan bedongnya ya, Mam. Bedongan yang terlalu ketat dapat membuat Si Kecil tidak nyaman.

  1. Menggendong dengan gendongan

Menggendong dengan gendongan sama seperti mengayun-ayun plus membedong Si Kecil. Suasana dalam rahim lebih tergambar apabila Mama menggendong Si Kecil menggunakan gendongan karena selain Si Kecil berada dalam tempat sempit juga terdapat ritme konstan dari gerakan menggendong. Tak hanya itu, Si Kecil juga dapat mendengar degupan jantung dari Mama yang benar-benar mengingatkannya pada suasana ketika berada di rahim.

Namun menggendong bisa melelahkan. Karenanya gunakan gendongan ergonomis yang mudah digunakan dan tidak membuat Mama pegal seperti Snobby Gendongan Ransel Flaminggo Series! Mudah dipakai serta nyaman buat Si Kecil dan Mama.

Penelitian baru dari Jepang mengonfirmasi bahwa ketika ibu menggendong bayi sambil berjalan akan membuat bayi tenang dan berhenti menangis secara signifikan.  Namun jangan menggendong Si Kecil menghadap luar terlalu lama karena dapat menyebabkan bayi overstimulasi. Keadaan itu malah bisa memperparah tangis Si Kecil karena ia kelelahan.

papa menggendong bayi

 

Nah, itulah beberapa cara meredakan tangisan Si Kecil yang bisa Mama lakukan. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *