Menggendong, Salah Satu Trik Jitu Membuat Bayi Cepat Tidur

bayi cepat tidur

Hadirnya Si Kecil dalam keluarga selalu menambah sukacita Mama dan Papa. Ketika Mama baru menjadi ibu baru, terkadang agak sulit nih untuk mencari cara agar bayi cepat tidur. Apalagi di minggu-minggu pertama. Karena Si Kecil belum memiliki pola tidur seperti orang dewasa, nggak jarang Mama dan Papa harus bergantian menjaga Si Kecil hingga kelelahan.

Si Kecil yang masih bayi belum dapat membedakan antara siang dan juga malam hari. Ia bisa saja tidur lebih lama di siang hari lalu menjadi sangat aktif di malam hari. Bayi baru lahir akan tidur selama 8-9 jam di siang hari dan kurang lebih 8 jam di malam hari. Biasanya akan ada beberapa siklus tidur dan bukan tidur sepanjang waktu tersebut, Mam.

Tips dan Trik Membuat Bayi Cepat Tidur

Si Kecil bisa saja terjaga saat malam hari karena ia merasa tidak nyaman misal karena poponya basah atau lingkungan yang terlalu panas.

Mari simak yuk apa saja cara untuk membuat bayi tidur berikut ini!

  1. Menggendong Si Kecil sebelum tidur

Sebelum menidurkan Si Kecil, Mama bisa menggendongnya terlebih dahulu. Saat Mama menggendongnya, Si Kecil akan berada sangat dekat dengan Mama hingga bisa mendengar degup jantung Mama. Perlu Mama ketahui bahwa Si Kecil yang gusar adalah karena adanya pergantian kondisi dari dalam rahim ke luar rahim. Dengan menggendong Si Kecil, ia akan mendengar detak jantung Mama yang biasa ia dengar saat berada di dalam kandungan.

Mama bisa menggunakan gendongan agar tetap merasa nyaman seperti Gendongan Samping + Saku Artsy Series terbaru dari Snobby Baby. Bentuknya yang mendekap Si Kecil erat juga mengingatkannya pada situasi di rahim, lho! Pasti Si Kecil bisa cepat tidur karenanya.

  1. Menenangkan Si Kecil saat menangis

Karena Mama atau Papa capek, jangan malah membentaknya karena akan membuatnya kaget. Bila Si Kecil tiba-tiba menangis saat tidur, segera tenangkan dengan menepuk-nepuknya secara lembut. Mama juga bisa mengatakan kata-kata yang dapat membuatnya lebih tenang seperti, “Iya, Nak. Mama di sini yaaa. Yuk tidur lagi.” Untuk mengingatkan Si Kecil bahwa ia tidak sendirian.

  1. Ajak bayi beraktivitas lebih aktif di siang hari

Ajak Si Kecil untuk bermain dan menjadi lebih aktif di siang hari. Selain mengajaknya lebih aktif, Mama juga bisa melakukan senam bayi. Si Kecil pun akan merasa lelah dan mengatuk di malam hari. Perlu Mama ingat nih untuk tidak mengajak Si Kecil bermain di malam hari dan menjelang waktu tidur.

  1. Buat rutinitas atau kebiasaan sebelum tidur

Cara membuat bayi cepat tidur yang masih berhubungan dengan poin sebelumnya untuk tidak mengajaknya bermain di menjelang waktu tidur adalah membuat rutinitas sebelum tidur. Mama bisa melakukan cara atau teknik yang berbeda kok, tergantung bagaimana nyaman untuk Mama dan juga Si Kecil. Mama bisa coba memandikannya sebelum tidur, memakaikannya minyak telon dan juga lotion bayi, memijat-mijatnyanya sebentar, kaku memakaikan Si Kecil pakaian tidur yang nyaman.

Lakukan kebiasaan atau rutinitas tersebut dengan konsisten bahkan meski di akhir pekan. Karena menurut penelitian, bayi yang menjalani rutinitas yang sama sebelum tidur akan lebih jarang menangis di malam hari dan bayi cepat tidur

  1. Ciptakan kondisi yang nyaman untuk Si Kecil tidur

Kondisi yang nyaman bisa dari suasana kamar dengan lampu redup serta iringan suara yang stabil. Mama bisa membunyikan suara halus seperti suara kipas angin atau musik instrumental. Suara ini disebut juga dengan white noise. Sekarang ada banyak pilihan suara halus dan konstan di internet atau aplikasi ponsel.

 

Nah, bila Si Kecil tetap rewel dan sulit tidur segera bawa Si Kecil ke dokter ya. Bayi sulit tidur bisa menjadi gejala atau implikasi penyakit tertentu. Selamat mencoba ya, Mam!

Bila Mama mau berbelanja gendongan bayi atau kasur bayi untuk mendukung Si Kecil cepat tidur, Mama bisa berbelanja produk-produk Snobby Baby! Menggunakan bahan berkualitas dan dirancang untuk membuat Si Kecil dan Mama nyaman.

Dapatkan juga potongan harga untuk pembelian Snobby Baby di Official Store Snobby Baby di e-commerce favorit Mama!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *