Tips-Tips Atasi Pilek Pada Bayi

atasi pilek pada bayi

Si Kecil yang masih bayi belum memiliki daya tahan tubuh yang belum sempurna. Karenanya ia rentan terserang penyakit seperti pilek. Penting banget nih buat Mama mengetahui tips-tips untuk atasi pilek pada bayi biar enggak panik saat Si Kecil sakit!

Mama akan mengetahui Si Kecil terserang pilek setelah terdapat kondisi seperti keluarnya ingus dan cairan jernih dari hidung Si Kecil. Cairan ini juga bisa berubah menjadi warna kekuningan atau kehijauan setealh satu minggu. Si Kecil juga mungkin akan mengalami batuk.

Hal yang bisa Mama lakukan di rumah untuk atasi pilek pada bayi

Mama bisa melakukan hal-hal berikut ini selama di rumah:

  1. Posisikan Si Kecil di ruangan tanpa AC atau ruangan yang suhu udaranya hangat. Jika Si Kecil memang merasa nyaman di ruangan dengan suhu udara dingin, segera gunakan mesin pelembab udara (humudifier). Jika tidak ada, Mama bisa gunakan uap air yang ada dalam baskom ya!
  2. Mama bisa menggunakan air garam yang diteteskan ke ujung lubang hidung Si Kecil untuk mengencerkan lendirnya. Lalu gunakan alat penyedot ingus bayi agar pernapasan Si Kecil lancar kembali.
  3. Tips atasi pilek pada bayi selanjutnya adalah jika terapat cairan hidung atau lendir yang mengering pada hidung Si Kecil, Mama bisa segera bersihkan dengan kapas yang sudah basah dengan air hangat.
  4. Bila pernapasn Si Kecil tersumbat, Mama bisa coba untuk menepuk perlahan punggungnya untuk meringankan pernapsannya. Coba baringkan Si Kecil dengan posisi
  5. Berikan Si Kecil teh hangat untuk bayi bila ia sudah berusia 6 bulan ke atas.

Obat yang bisa Mama berikan

Jangan sembarang memberi Si Kecil obat ya. Apalagi jika pileknya tidak mengganggu pola makan Si Kecil atau aktivitasnya. Usahakan untuk tidak menggunakan obat-obat bebas pada anak di bawah usia 6 bulan karena memiliki efek samping. Apalagi kita juga tidak tahu reaksi tubuh Si Kecil terhadap obatnya.

Bila Si Kecil pilek disertai dengan demam, segera konsultasikan ke dokter untuk memberikannya paracetamol atau ibuprofen ya!

Waspada jika Si Kecil mengalami kondisi ini!

  1. Demam hingga 39 derajat celcius pada anak dibawah usia 3 bulan atau demam hingga 40 derajat celcius pada anak di atas 3 bulan
  2. Demam berlangsung lebih dari 2 hari
  3. Batuk semakin parah dan napas cepat
  4. Perubahan pola makan dan pola tidur
  5. Menangis sambil menarik telinga saat diletakkan di tempat tidur
  6. Pilek tidak membaik setelah 7-10 hari

Jika terjadi hal-hal di atas ini, segera bawa Si Kecil ke dokter atau IGD terdekat untuk mendapatkan pertolongan yang tepat ya, Mam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *