Ini Dia Tanda Mama Akan Segera Melahirkan

tanda bayi baru melahirkan

Menunggu kelahiran Si Kecil tentu jadi momen yang ditunggu-tunggu. Meski dokter sudah memberikan hari perkiraan lahir (HPL), tetap Mama harus tahu apa aja nih yang jadi tanda-tanda melahirkan sudah dekat.

Karena umumnya, tanda melahirkan yang sudah dekat mulai terasa dari 3 minggu sebelum HPL hingga 2 minggu setelahnya. Persalinan adlaah usaha mengeluarkan janin dari dalam rahim. Dalam persalinan, terdapat kerja sama antara kontraksi rahim, pembukaan leher rahim, penurunan kepala bayi dan kapasitas jalan lahir.

Tanda-tanda melahirkan sudah dekat

Tanda persalinan bisa ditandai dengan beberapa hal ini, Mam:

  1. Lebih sering buang air kecil

Beberapa minggu sebelum melahirkan, Si Kecil dalam rahim akan turun ke rongga panggul Mama. Kondisi ini tentu akan membuat rahim menekan kandung kemih sehingga Mama akan lebih sering buang air kecil.

  1. Perubahaan emosional

Ada perubahan pada segi emosional yang biasanya terjadi sebelum melahirkan. Mama mungkin akan merasa moody atau mudah marah. Mirip dengan saat masa-masa PMS atau sebelum mentruasi.

  1. Kesulitan tidur

Tidur malam yang terganggu serta perasaan gelisah ketika tidur bisa jadi salah satu tanda melahirkan sudah dekat, Mam. Karenanya usahakan selalu bisa tidur dan beristirahat di siang hari yaa. Karena Mama membutuhkan banyak tenaga ketika persalinan berlangsung.

  1. Nyeri perut hilang timbul dan semakin sering

Mama akan mengalami mulas atau sakit perut hebat yang terjadi semakin sering karena kontraksi. Biasanya kontraksi akan muncul lebih dari 3 kali dalam 10 menit dengan durasi lebih dari 40 detik. Pada keadaan ini, Mama tidak dapat berjalan seperti biasa karena menahan kontraksi yang muncul.

  1. Terdapat bloody show

Bloody show adalah keluarnya lendir kental bercampur darah di vagina. Selama Mama hamil, leher rahim ditutupi oleh lendir yang kental. Ketika masa melahirkan sudah dekat, leher rahim akan membesar dan melunak karena tengah membentuk jalan untuk bayi keluar. Lendir leher rahim inilah yang akan keluar melalui vagina. Warnanya bisa beragam, Mam. Mulai dari bening, merah muda, atau sedikit berdarah. Lendir bisa keluar perlahan-lahan dan terlihat seperti keputihan dalam jumlah banyak.

  1. Air ketuban pecah

Tanda-tanda melahirkan yang sudah dekat dan diketahui banyak orang tentunya adalah pecahnya ketuban. Kebanyakan Mama akan merasakan kontraksi sebelum air ketuban pecah. Tapi ada juga lho yang mengalami pecahnya ketuban lebih dulu. Jika terjadi maka biasanya persalinan akan segera muncul.

Hal yang perlu dipersiapkan mendekati masa persalinan

Ketika tanda melahirkan sudah dekat, Mama harus segera mempersiapkan diri dan juga perlengkapan yang dibutuhkan ketika persalinan. Sehingga ketika air ketuban pecah, Mama dan Papa sudah bisa langsung pergi ke rumah sakit.

Perlengkapan-perlengkapan yang harus Mama bawa saat persalinan cukup banyak sehingga Mama membutuhkan tas yang besar. Karena selain membawa perlengkapan Mama sendiri, Mama juga harus membawa perlengkapan Si Kecil.

Perlengkapan yang harus Mama bawa meliputi:

  • Barang-barang pribadi Mama saat bersalin
  • Perlengkapan Si Kecil yang baru lahir
  • Peralatan menyusui
  • Perlengkapan menyusui dengan alat bantu
  • Keperluan kamar bayi
  • Perlengkapan mandi Si Kecil
  • Perlengkapan minum Si Kecil

Untuk membawa semuanya, Mama bisa pilih Tas Besar Summit Series dari Snobby Baby! Muatnya banyak dan sudah pasti kuat karena menggunakan bahan poliester. Dilengkapi dengan saku depan dan juga samping kanan dan kiri jadi makin praktis bawa barang Si Kecil.

Mama bisa dapatkan Tas Besar Summit Series hanya di toko-toko perlengkapan bayi terdekat. Dapatkan juga promo-promo menarik Snobby Baby hanya di Official Store Snobby Baby, Mam! –MR

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *