Hal Yang Papa Rasakan Begitu Menjadi Ayah

menjadi ayah

Menjadi ayah atau Papa menjadi kebahagian tersendiri saat menyambut lahirnya Si Kecil. Enggak cuma Mama, Papa juga merasakan kebahagian yang sama besarnya. Bahkan mungkin lebih besar.

Ada banyak yang berubah begitu Si Kecil lahir, tak terkecuali perubahan hidup Papa. Papa bisa saja kaget karena tiba-tiba punya kewajiban serta harapan baru. Dalam buku The Expectant Father: Facts. Tips, and Advice for Dads-to-Be pada situs Baby Centre yang dilansir Wollipop, biasanya Papa akan merasakan hal-hal seperti berikut:

  1. Rasa cinta yang baru dan berbeda

Pria akan menyadari bahwa mereka bisa merasakan cinta tanpa syarat pada anak. Apakah Papa merasa seperti itu? Pastinya Papa akan menyayangi serta berusaha memerhatikan dan menjaga buah hati.

  1. Perasaan campur aduk

Saat memandang Si Kecil yang baru lahir, mungkin Papa merasa bingung dengan perasaan senang hingga berubah menjadi mati rasa serta hampa. Wow.. Papa akan merasa kaget dan tidak siap dengan keadaan yang baru. Bahwa Papa tidak akan bebas lagi. Dan hal itu akan membuat Papa merasa bersalah.

Rumit banget ya?

  1. Kebingungan

Hal yang akan terasa saat menjadi ayah adalah kebingungan. Konflik batin akan terjadi pada masa awal transisi menjadi ayah. Di satu sisi, ada rasa jantan serta bangga karena memiliki keluarga. Namun pada sisi lain akan muncul juga perasaan sedih karena taka da yang bisa membantu saat masalah muncul soal si Kecil.

  1. Hubungan dengan Mama

Ketika Si Kecil lahir, tentu waktu Papa bersama Mama akan berkurang. Tak berangsur-angsur namun berkurang drastis karena kebanyakan waktu akan tercurah buat Si Kecil. Karenanya segera atur strategi untuk mencuri waktu bersama Mama seperti berbincang atau makan bersama.

  1. Berinteraksi dengan Si Kecil

Pada minggu keenam hingga ke-delapan, Si Kecil akan berkembang dan tidak dapat memberikan banyak respon. Ia akan jarang tersenyum dan tertawa. Sebaliknya ia akan sangat sering menangis. Papa harus bersabar dan tetap menunjukkan kasih saying serta perhatian pada Si Kecil. Sehingga Si Kecil akan mengenal Papa dan menunjukkan respons sebagai “balasan”.

menjadi ayah

Kira-kira itu yang bisa Snobby Baby rangkumkan. Apakah Papa merasakan hal yang sama? Ingat untuk selalu menyediakan quality time bersama Mama dan tetap membantu untuk tumbuh kembang pilihan Papa idola Mama alias Si Kecil yang lebih maksimal!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *