Yang Harus Mama dan Papa Persiapkan Saat Melahirkan

persiapan melahirkan

Persiapan melahirkan menjelang HPL yang mendekat memang harus Mama rencanakan bahkan saat Mama tahu Mama hamil. Terlebih-lebih jika Mama sedang menjalani kehamilan yang pertama. Agar proses melahirkan jadi lancar dan tidak membuat Mama panik, kita catat yuk apa saja persiapan melahirkan yang perlu Mama dan Papa persiapkan!

Persiapan yang harus Mama siapkan sebelum melahirkan

  1. Memilih dokter dan rumah sakit untuk melahirkan

Penting buat Mama mempersiapkan dokter dan juga rumah sakit yang akan menangani proses kelahiran Si Kecil di hari-hari prediksi kelahiran. Sebaiknya Mama selalu mengontrol kehamilan Mama ke dokter kandungan untuk mengontrol tumbuh kembang Si Kecil dari waktu ke waktu. Mama pasti sudah punya dokter kandungan pilihan, nih.

Biasanya pemilihan dokter kandungan juga akan memengaruhi pilihan rumah sakit Mama karena biasanya Mama akan memilih di rumah sakit tempat dokter kandungan pilihan Mama praktik. Namun ada juga Mama yang memilih rumah sakit yang paling dekat dengan rumah.

Ada beberapa informasi nih, Mam, buat apa saja yang Mama perlu ketahui menjelang melahirkan:

  • Jadwal dan tempat praktik dokter kandungan
  • Peraturan rumah sakit dan standar protokol kesehatan
  • Fasilitas rumah sakit seperti kamar dan juga ruang untuk bersalin
  • Jarak dari rumah ke rumah sakit

Boleh dicatat ya, Mam! Bila sejak kehamilan dokter kandungan sudah menyatakan bahwa Mama menjalani kehamilan yang berisiko, ada baiknya buat Mama mempertimbanglan rumah sakit yang memiliki NICU atau perawatan intensif bayi bayi lahir. Mama juga harus mempertimbangkan tenaga medis yang siap mengakomodir kehamilan yang berisiko.

  1. Mengetahui berbagai cara melahirkan

Meski sejak awal kehamilan Mama sudah memilih atau menginginkan cara melahirkan tertentu, saat menjelang proses melahirkan bisa saja terjadi perubahan rencana. Mama bisa saja melahirkan prematur atau harus melahirkan secara caesar.

Karenanya penting buat Mama mengetahui berbagai cara melahirkan. Tujuannya agar Mama bisa segera bersikap jika terjadi perubahan rencana cara melahirkan.  Cara melahirkan yang harus Mama ketahui adalah:

  • Melahirkan normal

Kebanyakan Mama pasti ingin sekali melahirkan normal. Banyak orang berkata bila Mama melahirkan normal maka Mama akan menjadi seorang ibu seutuhnya. Namun anggapan ini tentu tidak boleh membuat Mama tertekan, yaaa.

Hal yang perlu Mama ketahui untuk melahirkan normal adalah mengatur pernapasan. Mama bisa mengetahui informasi ini dari dokter kandungan Mama atau mengikuti kelas persalinan.

  • Operasi caesar

Operasi caesar akan dokter lakukan bila terdapat kondisi medis tertentu. Namun tidak sedikit juga Mama yang memilih  melahirkan dengan metode operasi caesar. Nah, Mama juga bisa mengonsultasikannya pada dokter kandungan pilihan Mama.

  • Water birth

Water birth adalah proses melahirkan yang dilakukan di dalam air. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa proses water birth dapat meminimalkan terjadinya robekan parah pada vagina dan perineum. Namun untuk melakukannya tentu Mama harus mendiskusikannya dengan dokter kandungan. Pasalnya melahirkan di dalam air juga bisa menimbulkan risiko fatal buat Mama dan Si Kecil jika tidak dilakukan dengan prosedur yang benar.

  1. Berdiskusi dengan pasangan

Mendiskusikan dengan Papa mengenai persiapan melahirkan juga penting Mama lakukan sebelum proses persalinan. Papa harus mengetahui kapan hari perkiraan lahir sehingga Papa bisa jadi ayah siaga ketika Mama mengalami kontraksi atau membutuhkan bantuan.

Selain itu, Papa juga harus tahu apa yang dilakukan ketika Mama mengalami nyeri melahirkan. Misalnya seperti mencoba memijat atau mengusap punggung Mama denan botol air hangat yang telah dilapisi handuk untuk kompres.

Kerjasama antara Mama dan Papa saat menjelang maupun proses persalinan bisa membuat kelahiran Si Kecil menjadi lancar.

  1. Mempersiapkan tas bersalin

Tas bersalin adalah tas yang akan Mama bawa ketika akan bersalin. Isinya harus Mama persiapkan jauh-jauh hari agar mudah dibawa ketika tiba-tiba Mama hendak melahirkan. Perlengkapan yang harus Mama bawa ke rumah sakit adalah:

  • Pakaian yang nyaman untuk bersalin
  • Ikat atau jepit rambut
  • Pakaian dalam ganti
  • Peralatan mandi
  • Jam tangan untuk Mama melihat seberapa sering Mama mengalami kontraksi
  • Baran yang membuat Mama tenang menjelang persalinan
  • Pembalut khusu ibu melahirkan (2 atau 3 bungkus) untuk menyerap banyak darah yang keluar ketika Mama melahirkan
  • Bra khusus menyusui
  • Perlengkapan Si Kecil seperti baju, popok. selimut, sarung tangan, kau kaki, dan keranjang bayi.

Papa yang mendampingi Mama juga harus mempersiapkan perlengkapan lho, seperti:

  • Baju ganti
  • Makanan, minuman, dan juga camilan
  • Sandal
  • Barang-barang penting yang harus dibawa

Untuk membawa banyaknya perlengkapan ketika Mama bersalin, Mama butuh tas yang besar dan juga muat banyak barang. Snobby Baby punya banyak pilihan Tas Bayi Besar yang bisa jadi pilihan Mama. Karena Tas Bayi Besar dari Snobby Baby menggunakan bahan yang kuat serta lentur. Sangat memungkinkan buat Mama membawa banyak perlengkapan ketika bersalin.

Dapatkan promo menarik jika Mama berbelanja di Official Store Snobby Baby yang tersedia di marketplace favorit Mama dan Papa. Mama dan Papa juga bisa berbelanja langsung ke toko-toko perlengkapan terdekat karena produk Snobby Baby sudah tersedia di seluruh Indonesia! –MR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *