Peran Ayah Saat Ibu Menyusui? Besar Banget

peran ayah membantu ibu menyusui

Peran ayah membantu ibu menyusui bisa dilakukan dengan cara yang sederhana kok. Sebab Mama pasti tahu banget kalau tanpa Papa, rasanya kuraaaang banget. Setuju, nggak? Hihi. Papa sebagai sosok yang paling dekat dengan Mama memiliki peran penting dalam pemberian ASI ekslusif Si Kecil. Artinya, tanpa Papa sadar bahwa peran ayah membantu ibu menyusui dapat mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

Sayangnya hal ini belum disadari banyak orang, Mam. Karena biasanya pandangan mengurus Si Kecil apalagi menyusui pasti hanya tertuju pada Mama saja. Padahal Papa juga punya peran penting, lho! Menurut sebuah studi, keterlibatan peran ayah membantu ibu menyusui berdampak positif pada keberhasilan ASI ekslusif.

Mama dan Papa tentu tahu kalau ASI adalah sumber makanan terpenting buat Si Kecil dengan kandungan nutrisi penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil dan baik bagi tubuh Mama yang habis melahirkan. Dampak jangka panjang anak-anak yang mendapat ASI ekslusif setidaknya 6 bulan pada masa pertama kehidupannya adalah majunya perekonomian dan juga studi sebuah negara.

Wow!

Pernah kepikiran nggak sih, Mam? Tapi mungkin Papa merasa tidak bisa menyusui sehingga tak ada hubungan ekslusif seperti Mama dan Si Kecil lewat proses mengASIhi.

Bentuk dukungan Papa yang bisa dilakukan

Peran ayah membantu ibu menyusui dapat berbentuk dalam bantuan Papa membantu mengurus Si Kecil selama masa Mama menyusui. Papa juga bisa mengatasi berbagai permasalahan selama Mama dalam proses menyusui.

  1. Menjadi Ayah ASI

Ayah ASI adalah sosok suami yang mendukung penuh proses menyusui. Di Indonesia, terdapat komunitas untuk sekelompok ayah yang memiliki satu tujuan, mendukung pemberian ASI ekslusif pada Si Kecil. Menjadi Ayah ASI juga menjadi ayah yang tahu harus melakukan apa dan bagaimana ketika Mama menyusui. Cari tahu apa sja manfaat menyusui untuk Si Kecil, Mama, dan keluarga. Selain itu Papa juga dapat mengikuti kelas menyusui bersama Mama atau membaca buku-buku tentang menyusui.

  1. Selalu hadir buat Mama

Di awal-awal masa merupakan masa yang sulit untuk Mama lewati. Papa bisa coba untuk mengambil cuti setelah Si Kecil lahir. Bantu Mama untuk menyesuaikan diri dengan peran menjadi ibu baru dan tanggung jawab yang baru.

  1. Support Mama dan menjadi lebih peka

Selain itu, Papa juga bisa mendukung Mama menyusui dengan memberikan waktu quality time saat Mama sedang menyusui Si Kecil. Penelitian menunjukkan bhawa semkain suportif seorang suami, maka produksi ASI Mama akan melimpah.

Kurangnya ASI tentu membuat Mama sedih dan juga stres. Makanya pasti Mama juga senang kalau ASI melimpah. Bentuk support Papa bisa berbentuk membantu Mama untuk mencuci popok, emncuci piring, atau memasak.

 

Papa juga mensupport Mama dengan membantu merawat Si Kecil dengan perlengkapan dari Snobby Baby. Karena produk-produk dari Snobby Baby dirancang khusus agar mudah dipakai dan desainnya universal. Alias bisa banget dipakai sama Papa.

Kunjungi Official Store dari Snobby Baby di e-commerce favorit Mama dan Papa. Bisa juga mengunjungi toko-toko perlengkapan bayit terdekat lho! –MR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *