Simak Pentingnya Sendawa Pada Si Kecil

pentingnya sendawa pada bayi

Nggak cuma Mama, Si Kecil bahkan yang baru lahir pun harus sendawa. Sendawa merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan gas yang berlebih di dalam tubuh dan sistem pencernaan. Meski terlihat sepele, sebenarnya perlu banget buat Mama perhatikan pentingnya sendawa pada bayi.

Ketika Si Kecil sedang minum ASI atau susu formula, akan terdapat gas yang ikut masuk ke dalam perut Si Kecil. Selain itu gas juga bisa berasal dari hasil pemecahan makanan tertentu seperti kacang-kacangan, kubis, kembang kol, brokoli yang terkandung pada ASI. Bisa juga berasal dari udara yang Si Kecil hirup saat menyusu dari botolnya.

Gas yang ada dalam perut Si Kecil akan menyebabkannya kembung dan mudah kenyang. Bisa saja kan Si Kecil butuh lebih banyak nutrisi dari ASI, tapi karena gasnya membuat Si Kecil enggan disusui? Karenanya Mama harus bisa membantu Si Kecil bersendawa. Selain agar Si Kecil bisa makan juga membuatnya merasa nyaman.

Tips cara membuat Si Kecil sendawa

  1. Menggendong Si Kecil

Cara yang paling lazim adalah menggendong Si Kecil dengan posisi dagu Si Kecil berada pada bahu Mama. Satu tangan Mama bisa menahan tubuh Si Kecil sedang tangan Mama yang bebas bisa menepuk-nepuk punggungnya perlahan hingga Si Kecil dapat bersendawa.

  1. Memangku Si Kecil

Mama bisa memangku Si Kecil dengan posisi menyamping dan kemudian mencondongkan tubuhnya ke depan. Caranya adalah dengan Mama memangku Si Kecil pada posisi menyamping lalu mencondongkan tubuh Si Kecil ke arah depan. Satu tangan Mama menopang dada Si Kecil dan kepalanya, sedangkan tangan satunya menepuk tubuh Si Kecil pelan hingga Si Kecil sendawa.

  1. Menidurkan Si Kecil di pangkuan

Mama bisa membaringkan Si Kecil dengan posisi tengkurap di pangkuan Mama. Ingat untuk membuat posisi kepala Si Kecil lebih tinggi dari tubuhnya, ya. Lalu tepuk atau usap punggung Si Kecil dnegan lembut hingga ia bersendawa.

  1. Pijat Si Kecil

Memijat Si Kecil selain bermanfaat buat membuat Si Kecil tenang atau rileks, juga dapat membuat Si Kecil bersendawa lho. Caranya adlaah dengan memijat perutnya secara perlahan dengan gerakan memutar. Bila Mama masih ragu, Mama bisa berkonsultasi dengan dokter atau terapis sebelum melakukannya sendiri di rumah.

  1. Membuat Si Kecil tenang

Cara membuat Si Kecil bersendawa selanjutnya adalah dengan mengajaknya berbicara atau menyanyi, Mam. Ketika perut Si Kecil dipenuhi dengan gas, ia akan merasa tidak nyaman. Karenanya mengajaknya berbicara atau menyanyi dapat membuatnya rileks. Sambil mengajaknya berbicara atau menyanyi, Mama bisa menepuk-nepuk punggungnya hingga Si Kecil bersendawa.

Pentingnya sendawa pada bayi

Pentingnya sendawa pada bayi adalah karena Si Kecil belum bisa bersendawa tanpa bantuan, Mam. Tapi seiring dengan bertambahnya usia Si Kecil, ia akan dapat bersendawa dengan sendirinya tanpa dibantu. Wajar juga buat Si Kecil bersendawa dan disertai dengan gumoh. Yuuk bantu Si Kecil bersendawa, Mam! –MR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *