Papa Harus Tahu Cara Atasi Bayi Menangis

bayi menangis

Menangis merupakan salah satu cara Si Kecil berkomunikasi di saat ia belum bisa bicara. Ketika bayi menangis bisa saja karena bayi lapar, ingin pipis, ingin buang air besar, mengantuk, bahkan bosan.

Sebagai Papa idola, pasti ingin banget membantu Mama kan? Apalagi Mama kelihatan capek banget setelah seharian mengurus Si Kecil. Tapi suka kebingungan nih waktu bayi menangis.. Apa yang harus Papa lakukan untuk membantu Mama meredakan tangis Si Kecil?

Cara Mengatasi Bayi Menangis

Menenangkan bayi menangis memang butuh keterampilan. Papa bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Mencari penyebab Si Kecil menangis

Kita tak bisa langsung paham kenapa Si Kecil menangis. Karenanya Papa bisa mengecek kira-kira apa yang sedang diinginkan atau dirasakan Si Kecil. Hal ini memang agak sulit dilakukan , tapi untuk mengetahui cirinya, Papa bisa belajar kok!

Dekatkan jari Papa ke sekitar mulut Si Kecil. Jika ia terlihat mencari jari Papa lalu menghisapnya, maka Papa bisa menyimpulkan bahwa Si Kecil sedang lapar. Jika tidak, Papa harus mencari penyebab lain. Periksa popoknya apakah popoknya basah atau kotor. Segera ganti popoknya agar Si Kecil menjadi tenang kembali.

  1. Gendong dan ayun tubuh Si Kecil perlahan

Mama akan secara insting menggendong Si Kecil ketika ia menangis. Tapi Papa juga bisa melakukannya kok! Perlu Papa ketahui bahwa menggendong dan mengayun dengan gerakan konstan akan mengingatkan bayi pada kondisi saat di rahim Mama sehingga ia akan lebih tenang.

Papa juga bisa menggendongnya dengan gendongan. Salah satu gendongan yang oke dipakai oleh Papa adalah Snobby Baby! Gendongan dapat meredakan tangis Si Kecil karena Si Kecil akan merasa seperti sedang di rahim Mama karena ia terdekap erat. Detak jantung Papa juga akan membuat Si Kecil tenang, lho!

bayi menangis

  1. Alihkan perhatian Si Kecil

Buat Si Kecil tidak fokus pada ketidaknyamanannya. Papa bisa ajak dia main dengan mainan kesukaanya.

  1. Biarkan Si Kecil sejenak

Bayi menangis juga bisa menjadi tanda bahwa ia ingin diperhatikan. Tidak apa-apa buat Papa membiarkan ia menangis beberapa saat. Setelah Si Kecil mendapat perhatian yang ia butuhkan, Papa bisa mengajaknya bermain!

 

Nah, jika Papa dan Mama sudah kebingungan menghadapi tangis Si Kecil maka segera temui dokter anak. Bisa saja tangisan Si Kecil disebabkan oleh hal yang tidak normal seperti infeksi atau kolik. Semangat menjadi Papa idola ya, Pap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *