Manfaat Gendong Bayi Yang Jarang Moms Ketahui

manfaat menggendong bayi

Saat Si Kecil yang masih bayi menangis, apa yang langsung Moms lakukan? Menggendong bayi mungkin menjadi pilihan pertama Moms apalagi Si Kecil sudah selesai diberi susu. Moms juga pasti sering mendengar bayi bau tangan.

Bayi bau tangan merupakan istilah yang kerap digunakan untuk menggambarkan bayi yang terlihat manja. Sebagaian masyarakat Indonesia menganggap kondisi manja ini terjadi akibat sering digendong.

Padahal gendong bayi punya banyak manfaat loh. Simak yuk deretan manfaat gendong bayi berikut ini!

  1. Menenangkan Bayi

Bayi memiliki dorongan untuk mendekati Moms dan menangis saat berpisah. Penelitian dalam Current Biology mengenai komunikasi ibu dan anak yang mengujikan perilaku, vokalisasi, dan EKG (aktivitas listrik di jantung) pada 12 bayi. Hasilnya terdapat perbedaan signifikan ketika bayi digendong. Terdapat efek relaksasi yang membuat Si Kecil tenang.

  1. Menciptakan Bonding Ibu dan Anak

Lewat kontak fisik Moms dan Si Kecil, akan mnciptakan kedekatan antara Moms da Si Kecil. Ikatan yang tercipta pula akan menstimulasi hormone seperti prolactin bagi Moms yang sedang menyusui.

  1. Mengenalkan Si Kecil tentang Dunia

Saat digendong, Si Kecil akan melihat apa yang Moms lihat. Si Kecil juga bakal mendengar apa yang Moms dengar dan katakan. Dan ketika Moms berekspresi, Si Kecil juga akan belajar emosi lewat senyum, tawa, atau bahkan mengeryitkan dahi. Paparan percakapan juga akan membuat kemampuan berbahasa Si Kecil terasah.

  1. Meningkatkan Perkembangan Otak

Bayi yang sering digendong akan lebih baik karena syarafnya terhubung dengan perasaan bahagia, senang, dan aman. Dan karena emosi yang saling terhubung itulah, perkembangan otaknya meningkat.

  1. Lebih Praktis

Manfaat ini sudah dirasakan bahkan sejak dahulu. Ibu tradisional Indonesia menggunakan selendang sehingga memungkinkan mereka untuk beraktivitas tanpa meninggalkan bayi. Manfaat itu tentu bisa Moms raih dengan menggunakan gendongan sebagai alat bantu. Snobby Gendongan Hipseat 4 in 1 9 Posisi Royal Series bisa digunakan sebagai gendongan hipseat, gendongan ransel, hipseat, dan gendongan samping. Jadi beraktivitas di rumah bisa dilakukan sambal menggendong Si Kecil, deh!

 

manfaat menggendong bayi

Jadi Moms tak perlu khawatir lagi menggendong Si Kecil. Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan. Pada masa tumbuh kembang Si Kecil, akan ada saat ketika ia tidak mau digendong sampai Moms kangeeeen banget pingin gendong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *