Ajak Si Kecil Berenang Di Waktu Yang Tepat Yuk, Mam

bayi berenang

Buat Mama dan Papa, pastinya senyum Si Kecil yang lebar jadi pemandangan yang bikin bahagia. Dan salah satu kegiatan yang buat Si Kecil tersenyum lebar adalah berenang alias main air! Mama jadi kepikiran nggak sih kapan kira-kira sebaiknya bayi berenang?

Berenang juga ternyata punya manfaat buat Si Kecil, lho. Cari tahu jawabannya yuk!

Waktu yang tepat untuk bayu berenang

Sebenarnya bayi yang baru lahir juga boleh berenang. Menurut Pregnancy Birth & Baby, hal yang perlu Mama perhatikan adalah suhu air yang tidak terlalu dingin. Ketika Si Kecil sudah berusia setidaknya mulai 2 bulan, baru lah Mama bisa mengajaknya berenang.

Si Kecil tidak perlu tunggu untuk imunisasi terlebih dahulu untuk berenang, lho. Namun Mama harus mengajak Si Kecil ke kolam khusus di tempat spa bayi. Karena jika Mama mengajaknya ke kolam renang umum, akan sangat mengkhawatirkan karena imunitas Si Kecil masih belum sempurna sehingga rentang terhadap penyakit. Apalagi danau atau laut ya, Mam!

Saat Si Kecil belum berusia 6 bulan, pastikan Si Kecil berada di kolam dengan suhu sekitar 32 derajat Celcius. Kolam renang umum yang besar akan terlalu dingin buat Si Kecil yang masih berusia di bawah 6 bulan.

Pada usia Si Kecil ke-8 bulan, ia sudah bisa mengenal rasa takut akan sekitarnya. Jika Si Kecil sudah terbiasa berada di dalam air pada usia tersebut, Si Kecil akan lebih mudah untuk beradaptasi untuk sesi berenang selanjutnya.

Manfaat berenang untuk bayi

Ada banyak manfaat yang bisa Si Kecil dapatkan saat ia belajar berenang. Satu dari yang paling penting adalah berenang akan membuat Si Kecil senang. Menurut Canadian Pediatric Society, mengajak Si Kecil berenang secara rutin dapat mengasah keberanian anak serta rasa percaya diri.

Waaah kok bisa ya, Mam?

Karena ketika masuk ke dalam kolam renang, Si Kecil akan berhadapan dengan luasnya air dan harus menaklukannya. Selain itu dengan bayi berenang juga akan membuat Si Kecil tidak takut air dan menjadi lebih mandiri.

Teknik berenang juga baik untuk perkembangan Si Kecil, Mam. Karena saat berenang, Si Kecil akan belajar menggerakkan anggota tubuh dan juga belajar bernapas. Hal ini akan melatih perkembangan motorik, pernapasan, kardio serta mencegah terjadinya obesitas di kemudian hari, lho. Anak yang telah belajar berenang sejak dini akan memiliki kemampuan keseimbangan fisik serta koordinasi yang lebih baik.

Berarti berenang tidak mengenal batasan umur nih Mam bahkan bayi berenang bisa sejak ia lahir. Akan tetapi memang ada beberapa hal penting yang harus Mama perhatikan, niih. Dan yang nggak kalah penting adalah memastikan Si Kecil dalam kondisi sehat dan tidak mengalami sakit apa pun saat Mama hendak mengajaknya berenang. –MR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *