5 Makanan Untuk Memperbanyak ASI

memperbanyak asi

Sejak Si Kecil lahir, Mama pasti maunya ASI lancar teruuuus biar nutrisi Si Kecil terpenuhi. Pentingnya ASI ekslusif buat Si Kecil apalagi di awal 6 bulan kehidupannya mungkin bikin Mama galau karena ASI enggak terlalu banyak. Tapi tenang, Mam! Mengonsumsi makanan-makanan ini bisa memperbanyak asi, lho. Simak lebih lanjut yuk!

 Makanan Untuk Memperbanyak ASI

  1. Pepaya

Buah yang bisa ditemukan di mana aja ini baik buahnya maupun bunganya mengandung vitamin A dan vitamin C. Selain itu, papaya juga mengandung beberapa mineral penting seperti kalium, asam folat, dan enzim papain.

Enzim yang ada pada buah papaya berguna untuk membantu proses pencernaan protein. Dan protein dibutuhkan Mama yang lagi menyusui untuk menghasilkan ASI. Selain vitamin, mineral, dan enzim, pepaya juga punya banyak cairan sehingga bagus banget buat memenuhi kebutuhan cairan dalam menghasilkan ASI.

Mama bisa pilih jenis papaya ranum ataupuna pepaya mengkal. Mama bisa makan papaya ranum secara langsung dan memakan papaya mengkal untuk dimasak menjadi sup.

  1. Daun Katuk

Mama pasti sudah tahu mujarabnya tumbuhan yang satu ini! Bahkan sejak jaman dahulu daun, para ibu mengonsumsi daun katuk karena percaya daun katuk dapat memperbanyak asi dan membuat teksturnya kental. Sekarang ini Mama bisa menemui banyak ekstrak daun katuk di apotek.

  1. Oatmeal

Tidak hanya berkhasiat mengurangi kolsterol dan menjaga tekanan darah, havermouth juga menjadi makanan yang dapat memperbanyak ASI lho! Oatmeal akan memicu hormon oksitoksin yang akan berpengaruh pada produksi ASI Mama.

  1. Bayam

Sayur bayam dapat menambah zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, vitamin B6 pada bayam bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Bayam juga mengadung nutrisi lainnya seperti vitamin A, C, E, K,vitamin, dan berbagai mineral seperti ribloflavin, thiamin, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan tentunya asam folat. Mama bisa banget menambahkan makanan Mama sehari-hari seperti pada sup, tumis, atau bahkan smoothie!

  1. Kacang-kacangan

Terdapat beberapa jenis kacang yang mengandung zat besi, mineral, protein, serta vitamin. Karenanya kacang-kacangan bisa jadi pilihan Mama buat cemilan sehat dan tentunya dapat memperbanyak ASI! Tapi tidak disarankan untuk Mama yang punya alergi kacang ya!

 

Ternyata ada banyak makanan yang sering Mama temukan di supermarket atau pasar bisa memperbanyak ASI! Kalau favorit Mama yang mana nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *