Kenapa Ya Bayi Belum Mengenali Ayahnya?

bayi belum mengenali ayah

Sejak Si Kecil lahir, tentunya Mama adalah sosok yang menghabiskan waktu paling banyak bersamanya. Sejak Si Kecil bangun hingga tertidur kembali pastinya Mama yang selalu ada di sampingnya. Tapi Papa suka bertanya-tanya nggak, kok Si Kecil yang masih bayi belum mengenali wajah ayah? Kalau bertemu rasanya kayak ketemu orang asing.. Hmm..

Apalagi bila Papa adalah orang yang bekerja dan jarang-jarang nih ketemu Si Kecil begitu dia lahir. Jangan galau dulu ya, Pap. Psikolog profesional dari University of Nevada Jenniver Rennels, Ph.D mengatakan bahwa para peneliti mempelajari apakah bayi dapat membedakan ibu mereka dengan perempuan lain. Ini dia hasilnya.

Kapan Si Kecil yang masih bayi dapat mengenali wajah ayahnya?

Dan ada juga penelitian yang fokus untuk meneliti apakah bayi mengenali wajah ayahnya atau tidak. Si Kecil dapat membedakan wajah Mama dari wajah perempuan lain. Tapi ternyata hasil penelitian menunjukkan tak akan perbedaan berarti saat bayi ditunjukkan wajah ayah mereka dan wajah laki-laki lain.

Nah, Si Kecil mulai menyadari bahwa ada orang-orang yang terus berada di dekatnya nih termasuk Papa. Ia juga dapat menyadari bahwa orang tersebut tidak terlihat saat usianya 4-7 bulan. Di usia inilah Si Kecil dapat mengenali wajah Papa.

Ini dia pentingnya bonding Papa dan Si Kecil

Penelitian pun menunjukkan bahwa ayah yang terlibat sejak dini dan sepanjang tahun-tahun pertama bayi dalam pengasuhan membuat Si Kecil tidak rentan stres serta mendapat manfaat lain. Perkembangan fisik dan mental Si Kecil akan meningkat secara signifikan. Dan jika Si Kecil mengenali wajah Papa lebih cepat maka hubungan tersebut akan terjalin lebih kuat di kemudian hari.

Papa mungkin merasa galau pasca kehadiran Si Kecil, nih. Meski Si Kecil yang masih bayi belum mengenali wajah ayah, namun Papa tetap harus membiasakan diri dengan Si Kecil. Papa bisa coba mengakrabkan diri dan mengetahui apa yang Si Kecil sukai dan tidak sukai. Dengan tahu apa yang jadi kesukaan Si Kecil, Papa pasti makin pede dong buat mengakrabkan diri dengannya?

Papa dan Mama tentu memiliki pengasuhan yang berbeda. Cara berinteraksi yang unik Papa dengan Si Kecil membuat hubungan yang erat dengan Si Kecil apalagi hubungan yang terjalin bahkan sejak Si Kecil bayi.

Mama dan Papa tentu punya peran masing-masing. Yuk kita jalankan peran masing-masing dan saling mendukung bersama Snobby Baby buat masa depan Si Kecil! –MR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *