Pada Tahapan Tumbuh Kembangnya, Kapan Bayi Bisa Melihat?

bayi bisa melihat

Mama, suka bertanya-tanya nggak sih kenapa perlengkapan bayi kadang punya warna yang cerah? Selain karena alasan estetika, alasan lainnya adalah merangsang pengelihatan bayi. Namun sebenarnya kapan bayi bisa melihat?

Berbeda dengan indera pendengaran yang sudah matang saat Si Kecil berusia 1 bulan, indera pengelihatannya masih membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat melihat sekitarnya. Bahkan Si Kecil juga butuh waktu untuk dapat melihat wajah Mama dengan jelas.

Simak yuk apa saja tahap pengelihatan bayi hingga akhirnya bayi bisa melihat berikut ini!

  1. Usia newborn hingga usia 1 bulan

Saat Si Kecil baru lahir, ia tidak dapat melihat benda atau sesuatu yang jauh. Si Kecil hanya bisa melihat objek dengan jarak 20-40 cm (atau kurang lebih satu jengkal orang dewasa). Karenanya bayi lebih senang melihat warna kontras atau benda yang punya perbedaan warna yang mencolok.

Bola mata Si Kecil pun belum bisa fokus secara bersamaan. Artinya bila Mama memperlihatkan satu benda yang bergerak di depan matanya, bola matanya belum dapat mengikuti gerakan benda.

  1. Pengelihatan bayi usia 2 – 4 bulan

Pengelihatan Si kecil akan lebih bayik saat usianya 1 – 2 bulan. Pada usia 2 – 4 bulan, Si Kecil sudah mulai melihat perbendaan warna. Ia akan senang melihat warna-warna primer seperti merah, biru, kuning, dan benda dengan desain yang lebih rumit. Mama dan Dads sudah bisa menunjukkan mainan, gambar, atau buku dengan warna yang terang.

Saat usianya 3 bulan, Si Kecil bisa membedakan berbagai wajah sehingga ia akan waspada pada wajah orang asing. Si Kecil pun bisa mengenali wajah Mama dan juga wajah orang lain.

Saat Si Kecil sudah memasuki usia 4 bulan, bayi sudah bisa memperkirakan jarak. Kemampuan motorik pada lengannya akan berkembang sehingga Si Kecil dalamt menjangkau objek yang ia lihat.

  1. Usia 5 bulan

Saat Si Kecil sudah berusia 5 bulan, ia sudah dapat mengenali objek kecil dan benda yang bergerak dengan lebih baik. Si Kecil mungkin akan suka permainan ‘ciluk ba’. Pemahamannya akan warna pun sudah mulai baik. Bayi sudah dapat warna yang lembut seperti warna pastel.

  1. Pengelihatan bayi usia 8 bulan

Saat usia Si Kecil memasuki usia 8 bulan, pengelihatannya sudah hampir sempurna. Artinya pengelihatannya sudah hampir sama dengan orang dewasa. Si Kecil sudah dapat melihat benda yang jaraknya jauh.

  1. Usia 12 bulan atau 1 tahun

Di usia yang pertama, bayi bisa melihat dengan jelas. Si Kecil akan bisa melihat benda yang jaraknya dekat ataupun yang jauh dengan baik. Tak hanya itu, dia juga dapat mengenali orang yang tidak asing dari kejauhan.

 

Wah, penting juga ternyata untuk Mama mengetahui tahapan pengelihatan Si Kecil. Agar ada kelainan bisa segera Mama deteksi ya! Apabila bola mata Si Kecil tidak bergerak padahal ia sudah berusia 3-4 bulan, Mama bisa langsung mengonsultasikannya pada dokter anak.

Bila Mama membutuhkan perlengkapan bayi dengan warna yang cocok buat bantu menstimulasi pengelihatannya dengan warna yang cerah, Mama bisa membelinya di Snobby Baby.

Dapatkan promo menarik hanya di Official Store Snobby Baby di e-commerce kesayangan Mama!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *