Jenis-Jenis Gendongan Yang Sesuai Dengan Usia Bayi

jenis gendongan bayi

Tahukah Moms budaya menggendong bayi sudah ada sejak dahulu? Mungkin Moms sudah akrab dengan pemakaian selendang? Selendang merupakan pakaian tradisional Indonesia yang bentuknya kain panjang yang dapat disesuaikan dengan cara diikat. Sekarang gendongan mengalami perubahan yang lebih modern. Sehingga menentukan gendongan untuk Si Kecil yang masih bayi pun harus memilih gendongan yang sesuai usianya.

Budaya menggendong sudah dilakukan sejak dahulu untuk menenangkan bayi yang menangis sambil tetap melakukan aktivitas lainnya, Moms. Bahkan menurut beberapa penelitian, menggendong bayi dapat membantu perkembangan otak dan tubuh Si Kecil yang lebih baik.

Artinya semakin banyak Si Kecil digendong, Si Kecil bukannya bau tangan tapi perkembangannya semakin baik. Nah, untuk menentukan gendongan mana yang cocok untuk Si Kecil maka Moms perlu tahu nih jenis gendongan yang tepat buat Si Kecil.

Apa Saja Jenis-Jenis Gendongan Bayi?

Baby Sling

Gendongan jenis baby sling kebanyakan berbahan kain katun. Bentuknya beragam dan mirip dengan gendongan jenis pouch sling yang punya kantong kain. Gendongan jenis ini berfungsi untuk memudahkan Moms menyusui juga meningkatkan bonding antara Moms dengan Si Kecil. Contoh produk dari gendongan jenis baby sling adalah Snobby Gendongan Samping Bayi Happy Bubble.

jenis gendongan bayi

Snobby Gendongan Samping Bayi Happy Bubble ini memiliki ring yang memudahkan Moms menyesuaikan ukuran ketika menggendong. Selain itu, kelebihan dari gendongan jenis ini adalah mudah saat dipakai dan dilepaskan.

Soft Structured Carrier atau SSC

Moms pasti sudah akrab banget dengan gendongan satu ini. Gendongan jenis SSC ini praktis karena kemudahannya ketika dipasang. Banyak konsultan babywearing menyarankan ibu-ibu untuk menggunakan SSC sebagai alat support dalam menggendong. Hal ini dikarenakan SSC memenuhi unsur TICKS (Tight, In view at all times, Close enough to kiss, Keep chin off the chest, Supported back) yang menunjang tumbuh kembang Si Kecil.

jenis gendongan bayi

Gendongan jenis SSC juga disebut sebagai gendongan yang mensupport M-Shape atau posisi bayi menumpu pada bokong dengan kaki terbuka sehingga terlihat seperti huruf M. Ada banyak kelebihan yang Moms dapatkan dengan memiliki gendongan jenis SSC seperti:

  • Tangan Moms yang dapat bergerak bebas karena gendongan kuat menahan tubuh Si Kecil
  • Membuat aktivitas menggendong bayi tidak lagi pegal karena gendongan memiliki 2 tali yang menahan berat bayi ketika digendong.
  • Ikatan di pinggang dapat membuat beban dari tubuh Si Kecil turun ke area punggung sehingga tak hanya pundak yang menahan beban tersebut,
  • Memudahkan Moms untuk beraktivitas dengan Si Kecil
  • Meningkatkan bonding karena posisi gendongan yang membuat Si Kecil seperti dipeluk setiap saat
  • Pilihan yang pas untuk Moms bepergian

Contoh gendongan jenis SSC adalah Snobby Gendingan Ransel Hippo Series dan Snobby Gendongan Ransel Flaminggo Series. Bahkan Flaminggo series dilengkapi dengan 5 sleting yang menempel pada gendongan untuk kenyamanan Si Kecil. Gendongan jenis SSC dapat digunakan mulai 4 bulan ya Moms!

Gendongan Hipseat

Moms juga pasti tidak asing dengan gendongan yang satu ini karena Snobby Baby punya banyaaaak banget variasi gendongan satu ini! Gendongan hipseat memang mirip dengan gendongan ransel. Perbedaan ada pada bagian pinggang yang dipasangi dudukan agar Si Kecil bisa duduk dan diposisikan di pinggul.

penggunaan-hipseat-bayi

Perlu diingat bahwa gendongan ini dapat digunakan untuk bayi mulai usia 6 bulan atau yang sudha bisa duduk dan kepalanya sudah tegak ya, Moms. Contoh dari gendongan hipseat ini adalah Snobby Gendongan Hipseat Almond Series 3 in 1. Gendongan ini juga dapat difungsikan sebagai gendongan ransel apabila dudukan sampingnya dilepas loh Moms sehingga support M-Shape juga!

 

Memiliki gendongan bisa menjadi investasi ya, Moms. Selain memudahkan Moms untuk beraktivitas sambil menggendong Si Kecil di rumah serta saat bepergian. Selalu perhatikan kualitas gendongan seperti Snobby Baby dan jenis gendongan yang sesuai Si Kecil yang masih bayi ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *