Ini Dia Syarat Vaksin Ibu Hamil Yang Harus Mama Ketahui

syarat vaksin ibu hamil

Tingginya kasus infeksi pada Covid-19 pada ibu hamil mendorong pemerintah untuk menggalakkan vaksinasi Covid-19, Mam. Kementrian Kesehatan telah mengumumkan bahwa ibu hamil menjadi prioritas dalam program vaksinasi Covid-19. Tapi hanya ibu hamil yang lolos syarat vaksin ibu hamil, yaa.

Mungkin Mama ragu karena dulu, ibu hamil bukan kelompok yang masuh prioritas sasaran vaksinasi Covid-19. Namun Juru Bicara vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes mengatakan bahwa kepastian pemberian vaksin Covid-19 bayi ibu hamil telah tertuang dalam surat edaran Kemenkes nomor HK.02.01/I/2007/2021 tentang vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Karenanya Mama nggak perlu ragu lagi!

Vaksin yang diperbolehkan pada ibu hamil adalah merk Sinovac, Pfizer, dan Moderna. Pelaksanaannya juga enggak jauh berbeda dengan vaksinasi yang biasa dilakukan. Vaksin ibu hamil dapat dilakukan dosis pertama saat Mama memasuki usia kehamilan trimester kedua. Sedangkan dosis kedua bisa Mama lakukan sesuai dengan interval vaksin dari jenis vaksin.

Syarat vaksin untuk ibu hamil

Saat Mama hendak melakukan vaksinasi ada syarat-syarat yang harus Mama miliki, yaitu:

  1.  Hamil dengan usia kehamilan trimester 2 (usia 14-28 minggu) dan trimester ketiga (29 sampai dengan aterm)
  2. Ibu hamil yang memiliki tekananan darah di atas 140/90mmHg tidak dianjurkan melakukan vaksinasi Covid-19 dan dirujuk ke RS
  3. Ibu hamil yang memiliki gejala seperti kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati, dan pandangan kabur akan ditinjau ulang untuk menerima vaksinasi dan dirujuk ke RS.
  4. Apabila ibu hamil memiliki penyakit jantung, asma, DM, penyakit paru, HIV, hipertiroid, ginjal kronik, dan penyakit hati harus dalam kondisi terkontrol
  5. Jika ibu hamil mengalami autoimun harus dalam kondisi terkontrol dan dapat persetujuan dokter
  6. Jika ibu hamil memiliki riwayat alergi berat harus mendapatkan pemantauan khusus, apalagi setelah melakukan vaksinasi untuk mengantisipasi munculnya efek samping
  7. Suhu tubuh tidak lebih dari 37.5 derajat celcius

Dan Mama akan mendapatkan vaksin dosis kedua dengan syarat tidak mendapat reaksi alergi berat setelah mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Yuk vaksin untuk masa depan Si Kecil yang lebih baik, Mam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *