Hal Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Gendongan Bayi?

memilih gendongan bayi

Kelahiran Si Kecil membuat Mama bersemangat membeli banyak perlengkapannya. Salah satunya gendongan! Tapi apa yang jadi pertimbangan Mama saat memilih gendongan bayi? Kadang saking banyaknya pilihan malah jadi bingung deh pilih yang mana.

Hal penting saat memilih gendongan bayi

Hal utama yang perlu Mama pertimbangan adalah faktor keamanan. Sejatinya gendongan sejak dahulu dipakai dan berfungsi sebagai alat support ibu dalam menggendong bayi. Bahkan sejak budaya pemakaian gendongan selendang, ibu tradisional di Indonesia menggendong bayi sambil melakukan aktivitas lain.

Tentu saja untuk fungsi-fungsi yang sudah disebutkan, faktor keamanan jelas sangat penting saat memilih gendongan untuk menggendong Si Kecil. Untuk menguji keamanannya, Mama bisa memperhatikan track record dari merk gendongan yang bersangkutan. Sebagai pembeli, Mama bisa melihat merk yang terjamin kualitasnya memiliki banyak testimoni bagus seperti Snobby Baby.

Selain itu Mama bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini kemudian memilih gendongan untuk Si Kecil berikut:

  1. Untuk berapa lama Mama akan memakai gendongan tersebut?

Karena akan berbeda kebutuhan gendongan bayi yang baru lahir dengan bayi yang sudah bisa duduk bahkan belajar berjalan ya, Mam. Apakah Mama hanya akan menggunakannya di 3-5 bulan pertama? Bila iya, Mama bisa memilih Snobby Baby Gendongan Samping Arrow Series. Gendongan jenis ini memudahkan Mama dalam memberikan ASI untuk Si Kecil serta membuat Mama mendekap Si Kecil erat tanpa membuat Mama pegal.

  1. Apakah Mama butuh panjang tali yang selalu disesuaikan?

Sebenarnya kebutuhan ini jelas perlu ya, Mam. Kebanyakan merk gendongan memberikan tali yang bisa disesuaikan untuk kenyamanan Mama dan Si Kecil. Ada pula gendongan yang memiliki ukuran tergantung ukuran dari penggendong. Seperti Snobby Baby Gendongan Samping Baby Sling Multifungsi Happy Bubble yang punya ring untuk menyesuaikan panjang gendongan sesuai kebutuhan Mama.

  1. Hingga seberat Si Kecil mau Mama gendong?

Mama pastikan gendongan yang dipilih sesuai dengan ukuran Si Kecil. Jangan sampai karena gendongan terlalu kecil, Si Kecil tidak akan merasa nyaman. Jangan juga gendongan terlalu longgar karena berpotensi membuat Si Kecil jatuh. Biasanya merk-merk gendongan yang beredar memiliki keterangan hingga usia bayi berapa gendongan dapat digunakan seperti Snobby Baby Gendongan Ransel Line Series yang dapat digunakan hingga bobot bayi maksimal 20 kg. Artinya Mama dapat menggunakan gendongan hingga Si Kecil hingga usia sekitar 2-3 tahun.

  1. Terbuat dari apa bahan gendongan Mama?

Mama harus memperhatikan bahan pembuat gendongan. Selain memastikan bahannya cukup kuat, pilih juga gendongan yang tidak terlalu panas agar Si Kecil nyaman. Snobby Baby Gendongan HIpseat 6 Posisi Sirkulasi Aplikasi Matrix misalnya tak hanya dibuat dengan bahan kain PE 30 yang nyaman buat kulit bayi, bahkan dilengkapi dengan saku depan yang berfungsi sebagai sirkulasi udara.

memilih gendongan bayi

  1. Apakah Papa akan memakainya juga?

Menggendong bayi dapat mengeratkan hubungan emosional dengan Si Kecil. Tak hanya Mama, hubungan emosional dari bonding dengan Papa juga penting untuk tumbuh kembangnya. Pilih desain gendongan yang netral atau bisa dipakai Mama dan juga Papa seperti merk Snobby Baby. Warnanya banyak namun tetap dapat digunakan Papa menggendong Si Kecil dengan stylish!

Itulah beberapa hal yang mesti Mama perhatikan. Mama bisa mengetahui harus memilih gendongan yang mana setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Jenis mana yang kira-kira Mama pilih nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *