Category Archives: Blog

Kenapa Ya Bayi Belum Mengenali Ayahnya?

bayi belum mengenali ayah

Sejak Si Kecil lahir, tentunya Mama adalah sosok yang menghabiskan waktu paling banyak bersamanya. Sejak Si Kecil bangun hingga tertidur kembali pastinya Mama yang selalu ada di sampingnya. Tapi Papa suka bertanya-tanya nggak, kok Si Kecil yang masih bayi belum mengenali wajah ayah? Kalau bertemu rasanya kayak ketemu orang asing.. Hmm.. Apalagi bila Papa adalah […]

Simak Pentingnya Sendawa Pada Si Kecil

pentingnya sendawa pada bayi

Nggak cuma Mama, Si Kecil bahkan yang baru lahir pun harus sendawa. Sendawa merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan gas yang berlebih di dalam tubuh dan sistem pencernaan. Meski terlihat sepele, sebenarnya perlu banget buat Mama perhatikan pentingnya sendawa pada bayi. Ketika Si Kecil sedang minum ASI atau susu formula, akan terdapat gas yang ikut […]

Ini Dia Tanda Mama Akan Segera Melahirkan

tanda bayi baru melahirkan

Menunggu kelahiran Si Kecil tentu jadi momen yang ditunggu-tunggu. Meski dokter sudah memberikan hari perkiraan lahir (HPL), tetap Mama harus tahu apa aja nih yang jadi tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Karena umumnya, tanda melahirkan yang sudah dekat mulai terasa dari 3 minggu sebelum HPL hingga 2 minggu setelahnya. Persalinan adlaah usaha mengeluarkan janin dari dalam […]

Bayi Bau Tangan? Intip Cara Mengatasinya, Yuk!

mengatasi bayi bau tangan

Begitu Si Kecil lahir, ia tentu harus beradaptasi karena dunia luar berbeda dengan keadaan saat ia berada di rahim. Dan karena Si Kecil belum bisa berkomunikasi, ia bisa saja mengungkapkan ketidaknyamanannya dengan menangis. Mama pun harus menggendong Si Kecil sampe muncul istilah bau tangan. Bagaimana cara mengatasi bayi bau tangan? Bayi bau tangan Bayi bau […]

Simak Tips Pertolongan Pertama Pada Bayi Jatuh Ini, Mam

bayi jatuh

Mama pasti khawatir bukan main waktu bayi jatuh. Apalagi Si Kecil masih bayi saat jatuh sehingga belum bisa mengatakan apa yang dirasakannya. Jika hal ini terjadi, Mama bisa lakukan pertolongan pertama sebelum membawanya ke dokter. Si Kecil yang mulai aktif bergerak tak jarang mudah terjatuh ketika ia berguling, merangkak, berjalan, atau bahkan saat digendong. Saat […]

Papa Bisa Juga Mengalami PMS Pada Pria, Lho!

pms pada pria

Papa suka pusing nggak kalau Mama sedang mengalami perubahan mood dengan sangat cepat. Kalau Papa tanya, jawabannya adalah karena PMS atau sindrom pramenstruasi. Padahal sebenarnya bukan cuma wanita yang mengalami gejala-gejala PMS lho. PMS pada pria juga terjadi sehingga membuat suasana hati jadi tidak stabil. Mirip dengan menopause pada wanita, PMS pada pria disebut dengan […]

Yuk Ketahui Tips-Tips Mengatasi Tantrum Si Kecil

mengatasi tantrum

Mama pasti sudah akrab banget sama tantrum. Tantrum adalah perilaku anak yang menangis histeris hingga sulit buat Mama tenangkan. Bisa juga Si Kecil melakukan aktivitas motorik tambahan seperti memukul, membanting barang, dan berguling-guling di lantai. Mengatasi tantrum harus dengan benar ya, Mam. Tantrum biasanya terjadi pada Si Kecil yang berusia 1 sampai dengan 3 tahun. […]

Rahasia Buat Papa: Meningkatkan Ikatan Ayah dengan Bayi

membangun kedekatan ayah dengan bayi

Ketika Si Kecil lahir, rasanya kebahagiaan Mama dan Papa jadi lengkap. Tapi karena tuntutan pekerjaan, Papa jadi jarang nih ketemu dengan Si Kecil. Papa mungkin merasa iri karena Si Kecil jadi dekat banget dengan Mama. Tapi Papa tahu nggak, kalau membangun kedekatan ayah dengan bayi dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Si Kecil bisa tumbuh jadi pribadi […]

Rekomendasi Hipseat Yang Cocok Buat Papa

rekomendasi hipseat

Mama pasti sering banget menemukan orangtua yang menggunakan gendongan hipseat saat beraktivitas bersama anak. Gendongan hipseat sendiri merupakan salah satu jenis gendongan bayi yang memungkinkan orangtua untuk menggendong bayi agar tetap dekat bayi tapi juga beraktivitas. Ada banyak pilihan di pasaran sampai Mama bingung mencari rekomendasi hipseat yang tepat. Perlu Mama ketahui bahwa ketika Mama […]

Peran Ayah Saat Ibu Menyusui? Besar Banget

peran ayah membantu ibu menyusui

Peran ayah membantu ibu menyusui bisa dilakukan dengan cara yang sederhana kok. Sebab Mama pasti tahu banget kalau tanpa Papa, rasanya kuraaaang banget. Setuju, nggak? Hihi. Papa sebagai sosok yang paling dekat dengan Mama memiliki peran penting dalam pemberian ASI ekslusif Si Kecil. Artinya, tanpa Papa sadar bahwa peran ayah membantu ibu menyusui dapat mengoptimalkan […]