Panduan Aman Menggendong Si Kecil Yang Baru Lahir

menggendong bayi baru lahir

Memiliki Si Kecil tentu jadi momen yang ditunggu-tunggu oleh Mama dan Papa. Setelah Si Kecil lahir pun ada banyak kebingungan yang Mama dan Papa hadapi ketika menjadi orangtua baru. Hal yang paling sederhana saat memiliki bayi adalah menggendong saat bayi baru lahir.

Menggendong bayi baru lahir memberikan Mama dan Papa kesempatan untuk melakukan skin to skin atau kontak kulit untuk bonding dan menenangkan Si Kecil yang lagi menangis. Sama seperti Mama dan Papa yang dapat stres, Si Kecil yang masih bayi juga bisa stres. Salah satu penyebabnya adalah karena perubahan kondisi dari dalam rahim Mama dengan saat di luar rahim tentu berbeda dan bisa membuat Si Kecil stres.

Lantas bagaimana cara menggendong Si Kecil yang baru lahir?

  1. Topang kepala

Saat menggendong bayi yang baru lahir, penting buat Mama dan Papa untuk selalu menopang kepala dan lehernya. Karena Si Kecil yang baru lahir baru cukup kuat pada usia 1 – 2 bulan. Pada usia tersebut, Si Kecil sudah bisa mengangkat kepala saat dalam posisi tengkurap.

  1. Posisi menimang

Pertama ambil bayi yang sedang berbaring dan taruh salah satu lengan Mama di bawah leher dan kepala bayi. Sedangkan tangan Mama yang lain akan memegang bagian bokong bayi. Lalu angkat bayi dan sesuaikan posisi yang paling nyaman buatnya.

Kepala dan leher Si Kecil seharusnya berada pada bagian dalam lengan Mama. Setelah posisi Si Kecil sudah nyaman, Mama bisa mengayun perlahan.

  1. Menggendong menghadap Mama atau Papa

Posisi ini biasanya bisa Mama lakukan ketika Si Kecil sudah menyusu untuk membuatnya bersendawa. Caranya adalah Mama bisa menggunakan salah satu tangan untuk mengangkat kepala dan leher Si Kecil. Dan tangan Mama yang lain akan menyangga bokongnya. Sehingga posisi seperti sedang berpelukan.

Mama bisa menempatkan Si Kecil di dada dan bahu. Menggendong dengan posisi ini akan membuat Si Kecil nyaman karena ia bisa mendengar detak jantung Mama yang biasa ia dengar ketika saat seperti di dalam kandungan.

  1. Menggendong dengan posisi Si Kecil tengkurap

Posisi ini paling tepat Mama lakukan ketika Si Kecil sedang rewel. Mama bisa melakukannya dengan memposisikan Si Kecil tengkurap, sementara bagian kepala dan lehernya ada di satu lengan dalam dan telapak tangan Mama yang satunya akan menopang kedua tangan Si Kecil. Jangan lupa untuk memastikan wajah Si Kecil tidak tertutup yaa.

Saat Mama menggendong Si Kecil dengan posisi ini, Mama bisa dengan bebas mengusap serta menepuk punggung Si Kecil dengan tangan Mama yang bebas. Mungkin Mama sudah akrab dengan posisi ini untuk membuat Si Kecil sendawa.

  1. Menggendong untuk Si Kecil menyusui

Saat Si Kecil baru lahir, Mama mungkin sudah melakukan posisi ini. Caranya adalah dengan satu tangan menahan bagian bokong bayi lalu mendekatkan Si Kecil ke arah dada Mama untuk menyusu. Mama bisa melakukan posisi ini dengan Bantal Menyusui dari Snobby Baby seperti Artsy Series dan Zoo Series lho!

 

Nah itu dia cara menggendong bayi baru lahir dengan aman! Saat Mama dan Papa menggendong pertama kali tentu tidak langsung sempurna. Tak perlu ragu dan khawatir juga karena Si Kecil bisa saja merasa tak nyaman. Berlatih dan menikmati saat menggendong Si Kecil yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *