Cara Mencuci Gendongan Si Kecil

cara mencuci gendongan

Mama pasti tahu kan kalau gendongan sudah harus dan wajib banget ada dalam wishlist perlengkapan bayi! Kebanyakan gendongan seperti hipseat, baby sling, baby wrap, serta SSC dibuat dengan bahan katun yang biasa jadi bahan pembuatan pakaian. Mama udah tau belum bagaimana cara mencuci gendongan yang baik dan benar?

Sebenarnya aman nggak ya untuk mencuci gendongan?

Aman dong, Mam! Apalagi bahan pembuatannya berkualitas baik seperti Snobby Baby. Ada tips buat Mama agar gendongan tetap terjaga dan awet. Simak tips berikut:

  1. Jangan terlalu sering mencuci gendongan

Gendongan tidak seperti pakaian yang selalu dipakai Si Kecil. Mama bisa mencuci gendongan hanya apabila gendongan tidak sengaja terkena noda atau kotoran di bagian tertentu. Mama bisa mencuci bagian yang terkena noda tersebut dan tidak mencuci seluruh gendongan.

  1. Jangan mencuci dengan mesin cuci

Bahan kainnya memang bisa masuk ke dalam mesin cuci, namun Mama juga harus ingat kalau beberapa jenis gendongan memiliki accesoris seperti kuncian dan tali webbing seperti hipseat. Karenanya sangat disarankan untuk Mama mencuci dengan tangan ya!

Tips dan cara mencuci gendongan

  1. Gunakan deterjen lembut atau deterjen khusus bayi

Kulit Si Kecil tentu berbeda dengan kulit orang dewasa seperti Mama dan Papa. Deterjen khusus bayi bisa jadi pilihan Mama untuk mencuci gendongan karena bebas dari bahan aditif serta tidak mengandung pewangi sintetis yang berisiko untuk kulit Si Kecil yang masih sensitif.

  1. Jangan disikat

Sikat dapat membuat gendongan bertekstur sehingga tidak seperti baru lagi. Mama bisa mencuci dengan lembut agar materialnya tidak rusak

  1. Tak perlu menggunakan pewangi

Pewangi tidak baik bagi kulit Si Kecil karena mengandung zat kimia. Deterjen khusus bayi biasanya sudah mengandung pelembut yang aman untuk serat bahan gendongan.

  1. Jangan dimasukkan ke pengering

Pengering dapat mengeringkan bahan gendongan, namun bisa saja merusak accesoris dari gendongan. Amannya Mama dapat di tempat yang disinari matahari.

  1. Tidak perlu disetrika juga

Tak hanya accesoris, panas dari setrika dapat merusak tali webbing pada beberapa jenis gendongan seperti pada gendongan ransel dan hipseat.

cara mencuci gendongan

Gendongan tentu butuh perawatan agar selalu awet. Jadi selamat mencoba ya, Mam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *