Simak Yuk Cara Menaikkan Berat Badan Si Kecil

cara menaikkan berat badan bayi

Komentar soal berat badan bayi kadang suka bikin Mama kebayang-bayang. Hmm.. padahal perkembangan setiap bayi berbeda-beda yaa, Mam. Ada yang lebih cepat tapi ada juga memang yang lebih lambat termasuk soal penambahan berat badan. Biar nggak stres terus, Mama bisa coba beberapa cara menaikkan berat badan bayi.

Perlu juga Mama ketahui kalau masa pertumbuhan Si Kecil ada pada 1000 hari pertama kehidupannya. Dihitung dari sejak awal kehamilan hingga ulang tahun kedua Si Kecil. Pada masa ini akan terjadi pembentukan otak dan juga organ penting lainnya. Karenanya sangat penting buat memantau perkembangan Si Kecil agar jika ada gangguan pertumbuhan, Mama bisa segera melakukan intervensi seperti menerapkan cara menaikkan berat badan bayi.

Umumnya berat badan Si Kecil akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia Si Kecil. Untuk memantaunya biasanya Mama akan mendapatkan buku kesehatan ibu dan anak dari puskesmas atau juga dokter anak. Namun karena tahap perkembangannya berbeda-beda jadi kita simak yuk apa saja cara menaikkan berat badan bayi sesuai tahapan perkembangannya menurut Heathline berikut ini:

  1. Pada masa 0 – 3 bulan

Dari usia 0 hingga 3 bulan, Si Kecil seharusnya sudah tumbuh 1,5 cm hingga 2,5 cm panjangnya setiap bulan. Beratnya juga akan bertambah 140 hingga 200 gram setiap minggu. Mama bisa menyusui Si Kecil setiap 2-3 jam sekali. Artinya Mama akan memberinya ASI 8 hingga 12 kali dalam 24 jam. Jika Mama memberinya susu formula, Mama bisa coba untuk memberi susu formula dengan 1-2 ons susu setiap 2 hingga 3 jam di hari-hari pertama. Tapi ingat bahwa pencernaan Si Kecil masih bertumbuh sehingga Mama bisa memberinya susu formula kembali setelah 3-4 jam setelahnya.

Baca juga yuk: Tips Memperbanyak ASI

  1. Pada masa 3 – 7 bulan

Saat Si Kecil sudah melewati 3 tahapan perkembangan, pertambahan berat badannya akan melambat sedikit. Mama akan melihat Si Kecil bertumbuh dengan 110 gram setiap minggu. Dan saat Si Kecil sudah berusia 5 bulan, Si Kecil akan memiliki berat dua kali dari berat lahirnya. Si Kecil mungkin akan menginginkan makanan padat yang dimakan Mama dan Papa. Mama bisa memberikan MPASI atau makanan penamping ASI saat Si Kecil sudah berusia 6 bulan. Bisa dimulai dengan puree buah atau daging merah.

  1. Pada masa 7 – 12 bulan

Si Kecil akan bertumbuh dengan pertambahan berat badan 85 hingga 140 gram dalam seminggu. Saat Si Kecil ulang tahun yang pertama, Mama bisa menimbangnya dan memastikan kalau beratnya sudah 3 kali dari beratnya saat lahir.

Di tahapan ini, Mama sudah bisa mengajak Si Kecil ada di meja makan buat makan bersama keluarga. Mama bisa mengenalkannya pada finger foods dan mengajaknya makan sendiri. Jangan berhenti dan melepaskan pengawasan yaa selalu perhatikan Si Kecil agar tidak tersedak.

Tetap lanjutkan pemberian ASI atau susu formula juga karena capaian kalori terbanyak tetap dari susu di awal tahun kehidupannya Si Kecil.

Kiat-kiat menaikkan berat badan Si Kecil

  1. Menambah vitamin dan suplemen

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) bayi yang masih dalam masa ASI ekslusif harus mengonsumsi suplemen zat besi sebanyak 1 mg zat besi untuk setiap kilo berat tubuhnya mulai dari usia 4 bulan. Sedangkan bayi yang diberi susu formula memiliki cukup zat besi.

  1. Membuat jadwal makan

Seiring dengan bertambahnya berat badan Si Kecil,  Mama akan dapat membuat jadwal makan yang tersusun. Mama bisa membiasakan Si Kecil makan di jam tertentu dan membuat Si Kecil belajar untuk fokus makan atau mindfull eating.

  1. Makan bersama

Si Kecil akan lebih bersemangat makan jika ia melihat Mama dan Papa makan, lho. Usahakan untuk makan di meja makan bersama dengan Si Kecil tanpa distraksi TV dan ponsel. Mama bisa mengganti kegiatan menonton dengan menceritakan cerita agar Si Kecil mau makan.

 

Nah, semoga tips-tipsnya bermanfaat ya buat Mama memantau pertumbuhan Si Kecil dan melakukan intervensi jika berat Si Kecil kurang dari yang seharusnya. Jangan lupa untuk selalu mengonsultasikannya dengan dokter anak pilihan Mama, ya. Semangat Mam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *