Cara Memijat Kaki Bayi

Tak hanya menenangkan dan melancarkan sirkulasi darah, pijatan pada titik tertentu juga dapat mengobati penyakit di bagian tubuh lainnya seperti kepala, perut, hingga paru-paru. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari memijat kaki si kecil, di antaranya untuk membantunya tidur pulas, membuat si kecil rileks, mengurangi rasa sakit gigi yang baru tumbuh, sampai dengan melancarkan pencernaan.

Memijat kaki si kecil baiknya dilakukan ketika sedang terjaga dan dalam kondisi yang tenang. Sama halnya seperti orang dewasa, telapak kaki si kecil memiliki titik pijat yang masing-masingnya terhubung ke organ tubuh tertentu. Moms, cermati dulu cara memijat kaki si kecil melalui gambar di atas.

Nah, jika sudah memahami titik tersebut, Moms jadi bisa menenangkan dan mengurangi penyakit si kecil dengan memijat lembut telapak kakinya. Sebelum memulai memijat kaki si kecil, carilah tempat yang tenang dan nyaman untuk si kecil. Kemudian Bunda bisa menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, berikut ini :

  • Handuk atau alas bayi
  • Minyak untuk memijat (baby oil)
  • Pakaian bersih

Jika semuanya sudah siap, Moms bisa mulai memijat lembut telapak kaki si kecil. Apalagi kalau si kecil sedang merasakan sakit di bagian tubuh tertentu, Bunda bisa fokus pada titik refleksi yang berhubungan dengan penyakitnya seperti :

  1. Sakit Kepala Dan Gigi

Jika si kecil tak berhenti menangis dan sering rewel, mungkin ia mengalami sakit kepala. Maka sebaiknya Bunda memijat lembut ujung jari kakinya. Memijat bagian ini juga dapat mengurangi sakit akibat tumbuhnya gigi si kecil.

  1. Peradangan Sinus

Jika si kecil sering mengeluarkan ingus hingga kesulitan bernafas karena banyaknya lendir di hidungnya, maka Bunda bisa memijat bagian tengah jari kakinya. Pijatan ini dapat melegakan area sinus.

  1. Paru-Paru

Ketika mengalami flu atau demam, terkadang si kecil mengalami kesulitan bernafas. Untuk melegakannya, Bunda bisa memijat tepat di bagian bawah jari kakinya.

  1. Sembelit

Sembelit atau kesulitan buang air besar tentu akan membuat si kecil tidak nyaman. Nah, Bunda bisa memijat secara lembut pada bagian bawah telapak kakinya. Pijatan pada bagian ini juga sangat baik untuk melegakan perut si kecil dari gas yang menumpuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *