Buat Papa, Tips Penting Saat Menggendong Bayi

Apakah Papa suka membaca tentang parenting untuk membantu Mama merawat Si Kecil? Dunia parenting memang jadi hal baru ketika Mama dan Papa memiliki Si Kecil. Apalagi Papa belum pernah merawat langsung anak yang masih kecil. Jadinya kikuk sendiri waktu Papa menggendong bayi..

Padahal menggendong bayi punya banyak manfaat. Salah satunya adalah membangun kedekatan anak dengan ayah. Ikatan emosional akan terjadi ketika Papa dan Si Kecil kontak kulit ke kulit serta ketika Si Kecil mendengar degup jantung Papa.

Menggendong juga butuh latihan kok, Pap. Jadi jangan khawatir dan lekas putus asa. Agar Papa lebih percaya diri menggendong Si Kecil, Papa bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Bertanya kepada Mama

Meski Papa suka browsing sendiri, cara mengasuh tetap menyesuaikan keluarga Mama dan Papa. Artinya tidak semua dapat disamaratakan. Mama pasti paling mengerti menghadapi Si Kecil. Papa bisa Tanya posisi menggendong apa yang jadi favorit Si Kecil. Ketika ternyata Si Kecil tidak suka, Mama dan Papa bisa berdiskusi dan menemukan jawaban bersama-sama!

  1. Komunikasikan pada Mama saat Papa merasa khawatir

Hmm.. enggak lemah kok, Pap. Siapa yang bilang? Hehe. Malah menurut survei dari Persil Non-Bio dan Comfort Pure terdapat sekitar 60% ayah yang merasa khawatir ketika menggendong bayinya. Sisa 30%nya tidak tahu cara menggendong bayi yang tepat.

Mama bisa mengajak Papa mengajak Papa ke kelas parenting atau seminar bersama. Berdiskusi soal parenting juga bisa membantu mengurangi kekhawatiran Papa soal merawat Si Kecil. Jadi makin enggak gerogi sama Si Kecil, deh!

  1. Sharing soal TICKS

Ketika hendak menggendong Si Kecil dengan gendongan, ada baiknya untuk Papa mengerti soal TICKS (Tight, In view all the times, Close enough for kiss, Keep chin on the chest, dan juga Supported back). Menurut Certified Babywearing Consultant dari School of Babywearing UK, Wiena Pratasik, posisi TICKS adalah posisi paling aman dan nyaman untuk bayi dan tidak mengganggu tumbuh kembangnya.

papa menggendong bayi

Gendongan memang kompleks, Pap. Karenanya pilih tgendongan yang dapat menopang berat tubuh Si Kecil dengan baik. Jangan sampai melorot atau bahkan rusak karena tidak sesuai dengan berat Si Kecil. Papa bisa pilih Snobby Gendongan Ransel Aplikasi Flaminggo karena mensupport M-Shape (posisi menggendong yang sesuai prinsip TICKS). Tali gendongannya pun adjustable!

  1. Pilih gendongan yang sesuai dengan bentuk tubuh ayah

Gendongan yang terlalu sempit atau terlalu longgar berpengaruh terhadap kenyamanan Si Kecil, Pap. Jika gendongan habis dipakai Mama, jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran tali penggendong agar Si Kecil tetap terdekap erat tapi nyaman.

  1. Gendongan ransel lebih nyaman

Gendongan jenis ini dianggap familiar dengan Papa karena bentuknya mirip dengan tas ransel milik Papa. Karenanya Papa akan lebih mudah menyesuaikan ketika menggunakan gendongan jenis ransel.

Nah, sudah lebih tenang kan Pap dalam menggendong bayi sekarang? Merasa khawatir bukan kelemahan kok, Pap. Tapi proses untuk Papa menjadi lebih baik lagi buat Si Kecil!

 

Dapatkan potongan hingga 40% untuk gendongan Snobby Baby hanya di Official Store Shopee!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *