Apakah Mama Perlu Bantal Menyusui untuk Si Kecil?

manfaat bantal menyusui

Sesungguhnya mengASIhi alias menyusui bukan hanya soal memberikan ASI ke mulut Si Kecil. Selain menstimulasi Si Kecil untuk dapat mencari putting Mama, posisi ketika menyusui juga harus Mama perhatikan. Karenanya bantal menyusui jadi perlengkapan bayi yang wajib dimiliki nih, Mam. Apa sih bantal menyusui, itu? Dan apa saja manfaat bantal menyusui? Kenapa bantal menyusui diperlukan?

Bantal menyusui adalah bantal yang digunakan sebagai alat support ketika Mama menyusui Si Kecil. Bantal menyusui atau nursing pillow memiliki beberapa manfaat. Apa saja ya manfaat bantal menyusui?

Manfaat Bantal Menyusui

Penggunaan bantal menyusui disarankan supaya proses mengASIhi dapat berjalan dengan maksimal. Manfaat yang bisa Mama dapatkan dengan penggunaan bantal menyusui, di antaranya:

  1. Memudahkan ketika Mama menyusui

Sebenarnya tujuan utama dari bantal menyusui adalah memudahkan Mama ketika menyusui. Dengan menggunakan bantal menyusui, jarak Si Kecil dengan Mama akan semakin dekat sehingga memudahkan Si Kecil untuk menghisap putting payudara Mama selama mengASIhi.

  1. Membuat Mama lebih nyaman ketika menyusui

Apabila Si Kecil jaraknya semakin dekat dengan payudara Mama ketika menyusui, maka Mama tidak perlu merasa pegal dengan mendekatkan tubuh Mama kepada Si Kecil. Dengan bantuan bantal menyusui, proses mengASIhi jadi lebih nyaman.

Bentuknya yang seperti lingkaran menurunkan nyeri punggung, nyeri leher, nyeri tulang belakang, atau bahkan nyeri lengan ketika menyusui Si Kecil. Kebutuhan Si Kecil akan ASI sangat tinggi karena ASI adalah sumber nutrisi utamanya pasca lahir sebelum berlahir ke makanan pendamping ASI (MPASI). Selama periode ini, tentu Mama dituntut untuk bertahan pada posisi menyusui dalam waktu yang lama.

  1. Menghindari bayi terjatuh

Ketika Mama menjadi ibu untuk pertama kali, mencari posisi untuk menyusui menjadi tantangan tersendiri. Mama juga mesti bisa meminimalisir Si Kecil terjatuh dari tangan Mama.

  1. Melindungi bekas luka operasi sesar

Mama yang melahirkan Si Kecil secara sesar memiliki masa pemulihan yang lebih lama daripada Mama yang melahirkan secara normal. Bekas luka operasi bisa saja belum kering sepenuhnya sehingga bisa saja Mama merasa sakit akibat gesekan ketika menyusui.

Bantal menyusui dapat menghambat gesekan yang terjadi antara bekas luka sesar dengan tubuh Si Kecil. Penggunaan bantal khusus untuk menyusui dapat mencegah timbulnya rasa nyeri dari bekas luka pasca operasi sesar.

Dengan meminimalisir pergerakan yang menghambat gesekan ini, maka bekas luka operasi sesar bisa lebih cepat sembuh.

  1. Mendukung perkembangan Si Kecil di usia selanjutnya

Selain menyusui, bantal menyusui juga dapat dipakai untuk Si Kecil belajar duduk. Karena ukurannya yang besar dan lebar, Si Kecil dapat mencoba hal baru untuk ia belajar tanpa Mama khawatir ia akan terjatuh. Bantal menyusui dapat menopang tubuhnya untuk belajar duduk.

  1. Mencegah masalah pencernaan

Mama mungkin bertanya-tanya nih, kenapa dari bantal jadi ke masalah pencernaan ya? Faktanya ada berbagai gangguan pencernaan yang dapat menyerang Si Kecil yang masih bayi. Masalah pencernaan ini dapat berupa sembelit, diare, hingga GERD atau refluks asam lambung.

Si Kecil yang masih bayi memiliki pencernaan yang masih belum berfungsi dengan sempurna. Penggunaan bantal menyusui akan menopang Si Kecil pada posisi yang tepat. Artinya ASI dapat tercerna dengan baik dan mencegah kemungkinan masalah pencernaan yang lebih parah.

 

Apakah Mama membutuhkan bantal menyusui?

Jika menopang Si Kecil sambil menyusui dirasa Mama sulit, maka bantal menyusui bisa jadi pilihan yang tepat. Manfaatnya bisa dirasakan Mama dan Si Kecil, bahkan dapat mendukung tumbuh kembangnya tak hanya ketika ia dalam masa menyusui tapi juga saat ia belajar duduk.

Untuk Mama yang membutuhkan bantal menyusui, Snobby Baby Bantal Menyusui Zoo Series lagi ikutan Shopee 9.9 Super Shopping Day.

Jangan lewatkan DISKON Up to 90% Off, GRATIS ONGKIR XTRA, Late Night Sale RP99, hingga Shopee Tanam 9.9 JUTA di Shopee Mall Official Store Snobby Baby!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *