gejala-bayi-kurang-asi

4 Gejala Bayi Kurang ASI

  • Post by: Snobby
  • Diterbitkan : 3 Jul 2020

Saat baru lahir, kebutuhan nutrisi Si Kecil yang awalnya berasal langsung dari Moms kini didapatkan melalui konsumsi ASI ekslusif. ASI menjadi makanan terbaik bagi Si Kecil karena mengandung unsur zat gizi yang dibutuhkan Si Kecil, yakni growth factor dan zat antibodi. World Health Organization (WHO) menganjurkan pemberian ASI secara ekslusif dilakukan sejak bayi lahir hingga bayi berusia enam bulan.

Bila Moms mendapati Si Kecil terus-terusan lapar, Moms tidak perlu khawatir ia kekurangan ASI.

Meski Si Kecil terlihat lapar sehingga Moms berpikir bayi kurang ASI, sebenarnya bisa jadi ASI sedang diserap oleh tubuh Si Kecil secara cepat dan sempurna. Moms bisa menyusui Si Kecil setiap 2-3 jam sekali. Lalu apa yang disebut dengan kekurangan ASI?

 

Menurut penelitian, Si Kecil dapat beresiko kekurangan gizi hingga mengalami kegagalan ASI. Gejala-gejala dari bayi kurang ASI yakni:

  1. Penurunan Berat Badan

Moms rajin-rajin mengecek berat badan bayi untuk memantau penurunan atau penaikan tubuh Si Kecil, ya! Pada tiap perkembangannya, bahkan di usia 5 hari mestinya Si Kecil mendapat penambahan berat badan. Untuk mengetahui solusinya, Moms bisa berkonsultasi ke dokter

  1. Frekuensi Buang Air Kecil yang Berkurang

Bila cucian baju mulai berkurang, Moms wajib curiga. Pasalnya bayi dengan pertumbuhan normal frekuensi buang air kecil lebih dari 8 popok kain atau lebih dari 6 popok sekali pakai dalam sehari. Bisa jadi Si Kecil kekurangan cairan sehingga tidak ada cairan yang bisa dikeluarkan lewat urin.

  1. Feses Bayi Sedikit

Kekurangan ASI memengaruhi pencernaan bayi sehingga Moms juga mesti memerhatikan feses Si Kecil. Di usia yang ke-5 hari, Si Kecil harusnya menghasilkan tiga popok kotor. Selain sedikit dan frekuensinya jarang, Moms juga bisa memperhatikan feses Si Kecil. Apabila feses Si Kecil tetap berwarna hitam atau hijau, Moms boleh curiga kalau Si Kecil sedang mengalami masalah pencernaan dan segera mencekkannya ke dokter.

  1. Warna Urin Gelap

Apabila Moms melihat urin Si Kecil gelap seperti warna jus apel, ini bisa jadi tanda kekurangan ASI ya, Moms! Bayi yang sehat memiliki warna urin yang jernih.

 

Apakah Moms melihat gejala-gejala di atas? Hati-hati ya Moms!