Memasuki musim pancaroba tahun ini tidak menutup kemungkinan di barengi dengan munculnya berbagai penyakit. Moms pasti lebih khawatir jika Si Kecil terserang penyakit-penyakit seperti penyakit batuk pilek yang umum menyerang saat musim pancaroba. Tapi tahukah Moms kalau gangguan kesehatan yang dialami Si Kecil tak selalu memerlukan obat – obatan? Termasuk obat batuk pilek bayi konvensional, karena ada alternatif redakan batuk lainnya.

Baca Juga: Alasan Kaki Bengkak Saat Hamil

Batuk dan pilek merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Umunya batuk dan pilek menyerang segala usia termasuk bayi. Namun bayi dan anak di bawah usia enam tahun tidak dapat mengonsumsi obat yang dijual bebas. Oleh karena itu Moms perlu bereksplorasi untuk menemukan obat batuk pilek bayi yang efektif namun aman untuk Si Kecil.

Selain obat, redakan batuk pilek Si Kecil juga bisa menggunakan cara alternatif yaitu dengan menggunakan ramuan herbal. Sebagian besar orang mengatakan cara alami ini ampuh mengatasi batuk pilek bayi.

Ramuan herbal untuk redakan batuk pilek bayi

  • Sup dan kaldu ayam

Sup atau kaldu ayam bisa menjadi obat batuk pilek bayi karena sup memiliki sifat antiradang. Selain itu sup atau kaldu ayam sangat mudah di buat. Moms juga bisa temukan bahannya dengan sangat mudah. buat Moms olah adalah sup ayam. Alternatif ini bisa untuk Si Kecil yang sudah memulai MPASI pertamanya.

Agar memudahkan Si Kecil makan pastikan sayuran terpotong kecil. Jika Si Kecil belum dapat mengonsumsi makanan padat, Moms bisa mengubah sup  ayam menjadi bubur untuk mendapat manfaat yang sama.

  • Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu tanaman yang mengandung sifat antibakteri dan anti virus alami. Maka tidak heran jika pada saat virus Covid-19 sedang tinggi kasusnya, bawang putih menjadi salah satu obat herbal yang sering digunakan sebagai pengobatan maupun upaya pencegahanyanya.

Oleh sebab itu maka bisa di pastikan jika bawang putih juga bisa Moms gunakan sebagai obat batuk pilek untuk Si Kecil.

Caranya yaitu ddengan mengambil dua siung bawa putih lalu Moms panggang hingga kering dan mengeluarkan aroma. Setelah dingin, masukkan ke dalam kain atau kantong kain dan ikat. Simpan kantong di jarak yang aman dari tempat tidur Si Kecil agar aromanya memberikan kenyamanan. Nah, aroma ini menjadi aromaterapi yang dapat mengatasi hidung tersumbat dan batuk yang Si Kecil alami.

  • Madu

Sudah tidak asing lagi madu terkenal memiliki berbagai mecam manfaat. Termasuk menjadi obat batuk pilek Si Kecil. Jika Si Kecil sudah berusia lebih dari satu tahun, berikan sesendok madu untuk meredakan batuk dan pilek. Namun hindari memberikan madu jika Si Kecil masih di bawah satu tahun.

Moms bisa tambah perasan lemon untuk tambahan vitamin C yang efektif meredakan batuk dan pilek. Peras lemon ke dalam segelas air hangat, kemudian tambahkan madu secukupnya. Ramuan ini bisa Moms berikan untuk Si Kecil yang lebih besar ya!

  • Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa Moms gunakan sebagai ramuan herbal. Kunyit mengandung kurkumin atau senyawa alami yang mampu meningkatkan respon antibodi untuk menangkal kuman atau virus penyebab batuk dan pilek.

Baca Juga: Olahraga Bareng Si Kecil? Siapa Takut!

Moms bisa menambahkan kunyit ke dalam susu hangat atau mencampurkan kunyit ke dalam minuman air hangat.

sekian alternatif herbal yang bisa jadi solusi untuk Si Kecil yang mengalami batuk pilek karena cuaca di musim pancaroba. Jangan lupa juga Moms harus jaga Si Kecil agar tetap hangat dan nyaman dengan berbagai perlengkapan dari Snobby Baby!

Moms bisa dapatkan promo menarik untuk pembelian di Official Webstore Dialogue Group. Selain webstore, perlengkapan Snobby Baby juga bisa Moms dapatkan di Official Store kami yang ada di marketplace kesayangan Moms atau di toko – toko perlengkapan bayi terdekat rumah Moms. –MR